Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mekanik UD Truck Indonesia, Terbaik di Dunia

Kompas.com - 19/11/2016, 08:32 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Ageo, KompasOtomotif  - Tim mekanik UD Truk Indonesia berhasil menjadi yang terbaik dalam kejuaraan global UD Trucks Gemba Challenge 2016 di Jepang. Ada 1.156 peserta dari mancanegara, yang mengikuti kompetisi yang digelar setiap dua tahun sekali ini.

Ali Rachman, Head of Competence Development UD Trucks Indonesia mengatakan, kompetisi tahun ini dimulai pada bulan Juni lalu. Peserta terdiri dari 289 tim dari seluruh dunia, yang setiap timnya memiliki empat mekanik.

“Untuk tahun ini jumlah peserta mengalami penambahan dibanding dua tahun sebelumnya, yakni 185 tim. Jadi terjadi peningkatan sebesar 57 persen. Ini yang membuat kompetisi memiliki tantangan yang lebih besar, bagi para peserta dari Indonesia, akan tetapi kami bangga Indonesia terpilih menjadi juara pertama," ujar Ali dalam siaran resminya, Jumat (18/11/2016).

Istimewa Tim UD Trucks Indonesia memenangkan kompetisi bertaraf international.

Service Department Head Astra International UD Trucks Indonesia, S. Purbo Yuwono, yang juga ketua tim menambahkan, kalau tantangan tidak hanya terkait kemampuan individu mekanik, ahli komponen dan perwakilan layanan pelanggan. Namun juga memupuk semangat tim dan mendorong tim untuk memecahkan masalah bersama.

"Bukan waktu penyelesaiannya yang terpenting, tetapi mekanisme penyelesaian yang setara dengan standard UD Trucks, dan kami terbukti mampu setara dengan standar UD Trucks secara international," ucap Purbo.

Tahap final kompetisi di kantor pusat UD Truck di Ageo. Setidaknya sebanyak 11 tim masuk dalam tahap akhir ini, di antaranya dari Indonesia, Thailand, Jepang, Malaysia, Taiwan, dan Afrika Selatan pemenang Gemba Tantangan 2014, yang kembali untuk mempertahankan gelarnya.

Tim UD Trucks Indonesia yang terdiri dari 4 peserta, Frize Dian Anggi Pratama, Rachmat Ary Wibowo, Tri Mulyono, Stephanus Budi terpilih sebagai juara pertama dan juara terbaik Quester. Diikuti di posisi kedua yaitu tim Poso dari Jepang, serta tim Lobster dari Thailand menempati peringkat ketiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com