Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Kualitas, UD Trucks Beri Pelatihan Gratis buat Karoseri

Kompas.com - 10/11/2016, 11:17 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Produsen mobil komersial seperti truk, umumnya hanya memasarkan produk berupa sasis saja. Sementara untuk bentuk bodi (karoseri/rumah kendaraan), biasanya menjadi urusan perusahaan karoseri (bodybuilder/autobody manufacture).

Meski dibebaskan, biasanya produsen merekomendasikan perusahaan karoseri rekanan atau yang sudah dipercaya, demi menjaga kualitas. Namun, produsen mobil komersial UD Trucks memiliki tambahan cara sendiri.

UD Trucks mengaku terus melakukan pemantauan, bahkan pelatihan kepada pihak karoseri. Tujuannya agar tidak terjadi kesalahan saat memasang karoseri ke sasis, atau menghindari efek negatif lain yang muncul.

"Pelatihan itu diberikan juga karena kami punya kepentingan terhadap karoseri, di mana kami ingin mengamankan produk desain UD Trucks. Jadi pihak karoseri kami bimbing, sehingga ketika memasang karoseri di atas sasis UD Trucks, tidak mempengaruhi desain dan kualitas produk kami," ujar Eddy Subagio, Product and Engineering Department Head UD Trucks kepada KompasOtomotif di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Rabu (9/11/2016).

Eddy melanjutkan, pelatihan dan bimbingan diberikan secara gratis. Bahkan di mana pun perusahaan karoseri tersebut berada, akan didatangi pihak UD Truck untuk melakukan bimbingan serta pelatihan.

"Melalui cara ini, perusahaan karoseri diharapkan bisa melakukan pemasangan atau teknik penyambungan dan pemotongan pada sasis kami sesuai standar. Kami was-was dan takut hal tersebut dikerjakan secara asal atau tidak teratur sesuai dengan standar UD Trucks. Pasalnya jika kami tidak melakukan ini, khawatirnya bakal terjadi kerusakan pada unit, dan UD Trucks yang mendapat keluhan," ujar Eddy.

Langkah ini, lanjut Eddy, pihaknya ingin memberikan kualitas terbaik kepada konsumen, mulai dari produksi, hingga sampai ke tangan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com