Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTM RC16 Terus Diuji di Sirkuit MotoGP

Kompas.com - 10/03/2016, 16:05 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sumber motogp.com

Valencia, KompasOtomotif - KTM telah selesai melakukan serangkaian uji coba untuk masuk MotoGP di Spanyol. Pengetesan dilakukan di dua sirkuit, yakni Jerez dan Valencia. Kendati cuaca di kedua tempat itu sempat jadi tantangan, KTM mengatakan tetap mendapat langkah positif.

KTM memiliki dua test rider utama, yakni Mika Kallio dan Alex Hofmann. Keduanya bertugas membantu KTM mengembangkan sepeda motor RC16 agar siap tampil pada 2017. KTM RC16 menggendong mesin 90 derajat V4 yang dibungkus rangka trelis. Selentingan kabar tentang spesifikasinya, menggunakan girboks seamless, berteknologi KTM X-Trac, dan menyemburkan tenaga 270 tk.

Pengetesan dilakukan akhir Februari lalu di Sirkuit Jerez. Kondisi trek pada hari pertama sangat basah karena hujan, situasi ini jadi pengalaman pertama buat tim. KTM mengatakan mendapat masukan dalam hal elektronik dan kemampuan RC16 dikendarai.

Pada hari-hari terakhir trek kering. Lebih banyak input data yang bisa didapat. Kallio mengatakan sektor yang diuji yakni traksi, kontrol wheelie (ban depan mengangkat), dan suspensi. Sementara Hofmann menjelaskan satu-satunya hal negatif adalah cuaca. RC16 dikatakan memiliki basis teknis yang bagus.

Jadwal pengetesan kedua KTM dilakukan di sirkuit Ricardo Tormo pada akhir pekan lalu. Sama seperti di Jerez, cuaca pada hari pertama dan kedua hujan. KTM mengatakan dapat kemajuan lagi di area elektronik dan lebih memahami karakter ban.

“Saat tiba ke feeling kami menemukan beberapa isu penting pada hari terakhir, ketika kami mengerjakan bagian depan dan keseimbangan motor. Di lain sisi elektronik bekerja positif walaupun kami kehilangan lebih dari sehari karena cuaca, tapi kami bisa lebih serius dan mendapat poin sesuai rencana, kata Kallio.

Randy de Puniet yang menggantikan Hofmann di Valencia mengatakan, tes sangat penting karena bisa menjajal berbagai suku cadang baru. Kendati karena cuaca ia menyelesaikan lap lebih sedikit dibanding Kallio, hasil yang diambil bisa memajukan pengembangan buat tes berikutnya.

Rencananya KTM akan menganalisa semua data yang telah didapat sebagai persiapan tes yang akan digelar pada April.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com