Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"MPV Murah" D30D Buatan Daihatsu Bukan UFC3

Kompas.com - 11/02/2016, 09:48 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Hingga saat ini masih banyak yang percaya MPV 7-penumpang baru Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan nama kode “D30D” adalah versi produksi Ultra Function Concept (UFC) 3. Namun, menurut pengakuan sumber Daihatsu yang tahu pengembangan produk ini, keduanya berbeda.

UFC3 pertama kali diperkenalkan ADM pada Indonesia International Motor Show 2014. Ketika itu sudah diterangkan UFC3 adalah cikal bakal MPV kelas low cost green car (LCGC).

Meski begitu sumber menerangkan hal lain. Katanya, model baru Daihatsu tidak sama dengan UFC3. “Beda, kalau UFC3 itu kan mobil mewah,” ujar sumber, Rabu (9/2/2016). Konsepnya boleh seupa, tetapi kelasnya jauh berbeda.

Donny Apriliananda/KompasOtomotif Daihatsu UFC3 sebagai adik dari Xenia
Saat diperkenalkan,  ADM menjelaskan UFC3 memiliki sistem gerak roda depan. Sedangkan di kabin diklaim punya ruang lapang dan nyaman plus pengaturan kursi yang fleksibel untuk nilai tambah sebagai mobil yang cocok buat tipikal keluarga Indonesia.

Tidak ada penjelasan lebih lanjut dari sumber tentang spesifikasi detail D30D. Ia juga enggan menjawab kepastian jenis mesin yang bakal digunakan.

Walau tidak ada keterangan pasti yang jelas bila D30D masuk ke kelas LCGC berarti bersaing langsung dengan Datsun GO+. Saat ini GO+ masih menikmati pasar sebagai satu-satunya model MPV 7-penumpang di kelas mobil paling murah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com