Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsep D30D Sudah dalam Tahap Finalisasi

Kompas.com - 03/02/2016, 10:24 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Rencana peluncuran produk kolaborasi keempat Toyota-Daihatsu yang diberi nama proyek D30D, pada tahun ini terus disiapkan. Tahap finalisasi sudah dicapai, bahakan beberapa kali percobaan produksi sudah dilakukan di pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Karawang, Jawa Barat.

Dari informasi yang diperolah KompasOtomotif dari sumber internal perusahaan, saat ini konsep D30D sudah siap diproduksi massal. Keinginan Toyota dan Daihatsu saat ini adalah memastikan spesifikasi yang dimiliki D30D masuk dalam persyaratan program mobil murah dan ramah lingkungan (low cost and green car/LCGC)

"Saat ini bagian R and D lagi menghitung, harganya bisa masuk atau tidak dijual sebagai LCGC," kata sumber internal perusahaan kepada KompasOtomotif, belum lama ini.

Sosok D30D, tidak lain adalah konsep Ultra Function Compact 3 (UFC-3) yang sudah diperkenalkan di pameran otomotif nasional sejak 2014 lalu. Jika lolos jadi model LCGC, produk ini bakal bersaing langsung dengan Datsun Go+ Panca yang menawarkan kapasitas lebih ketimbang model-model lain sekelasnya.

Sebelumnya, Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM mengatakan, bahwa UFC-3 adalah ” the real 7-seater” untuk kategori  MPV murah. ADM benar-benar melakukan riset demi memuaskan konsumen yang menginginkan mobil penumpang dengan tempat duduk lega, namun mempunyai harga terjangkau.

Desain dan konsep murni sebagai hasil karya anak bangsa yang diwakili divisi R&D ADM, mengangkat pendapat konsumen sebagai acuan desain. ”Soal peluncurannya, sabar, dan tunggu tanggal mainnya,” kata Amel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com