Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Kembaran Motor Murah BMW dari TVS

Kompas.com - 04/02/2016, 15:28 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Greater Noida, KompasOtomotif – Sesuai janji, TVS akhirnya menunjukkan proyek hasil kerjasama dengan BMW berwujud sepeda motor sport ber-fairing. Di ajang Auto Expo 2016 di Greater Noida, India, sejak Rabu (3/2/2016), lahirlah TVS Akula yang masih berstatus sebagai konsep.

Sekilas, sepeda motor ini tampak sangat agresif dan siap turun ke trek. Bodi-bodi terbuat dari karbon fiber, tampil dengan warna hitam pekat. Itu semua karena TVS Akula dibangun atas masukan dari para pebalap, dan dimaksudkan agar kelak sepeda motor ini tangguh di lintasan.

Akula dibangun di atas rangka yang kokoh, dipadu rangka penopang (sub-frame) yang terbuat dari aluminium. Lengan ayun terbuat dari bahan alloy yang di-press untuk membantu sepeda motor tetap mudah dikendalikan.

motorbeam TVS Akula dalam bahasa Russia berarti hiu.
Suspensi depan tampak pakai tipe upside down, lalu bagian rodanya dilengkapi kaliper rem berukuran besar. Sistem pendinginan dibantu dari sirip-sirip pada fairing yang ternyata ada hubungannya dengan nama. TVS menamakannya ”Akula” yang dalam bahasa Russi adalah ”hiu”.

Fitur menarik lainnya adalah panel indikator full digital, kamera on board dengan giroskop, serta steering damper. Belum ada kepastian soal lampu-lampu, karena konsep ini masih berupa sepeda motor balap.

Tentu saja, karena hasil kerjasama, mesin Akula sama dengan naked bike BMW G310R dengan konfigurasi 1-silinder. Girboks juga sama, 6-percepatan, dan kolaborasi ini menghasilkan tenaga 33,8 tk @9.500 rpm serta torsi puncak 28 Nm @7.500 rpm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com