Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor 300 Cc BMW-TVS Terlihat "Ganteng"

Kompas.com - 02/12/2015, 15:28 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bangkok, KompasOtomotif – Setelah gambar dan informasi resmi dirilis pertengahan November 2015 lalu, BMW memamerkan sepeda motor berkapasitas mesin kecil , yakni G310R, memanfaatkan ajang Thailand Motor Expo 2015 di Bangkok, Thailand. Inilah debut motor terkecil yang pernah dipunyai BMW itu di depan publik.

Inilah tunggangan hasil rekayasa bersama antara BMW Motorrad dan TVS Motor Company yang dulunya diusebut berkode K03. Sepeda motor diproduksi oleh TVS di pabrik yang terletak di Hosur, Tamil Nadu, India, lalu akan dipasarkan lokal dan diekspor ke sejumlah negara Eropa serta Asia.

BMW Motorrad BMW G310R punya desain cukup agresif di bagian belakang.
G310R lebih tampak berbagi style dengan S1000R daripada R1200R roadseter. Hal itu bisa dilihat dari penutup radiator yang juga berfungsi sebagai shroud. Lampu asimetris di depan tak dipakai, kini menggunakan lampu tunggal. Dari belakang tampak ”nungging” tapi BMW menjamin kenyamanan untuk dipakai sehari-hari. Fitur lain, ada panel instrumen LCD. Jarak jok dengan tanah 78,4 cm.

Spesifikasi
G310R ditenagai oleh mesin 313 cc berpendingin cairan, silinder tunggal, dengan diameter piston (bore) 80 mm dan panjang langkah (stroke) 62,1 mm, DOHC. Mesin ini bertenaga maksimal 34 tk @9.500 rpm dan torsi puncak 28 Nm @7.500 rpm, disalurkan melalui girboks 6-percepatan.

BMW Motorrad Lampu depan tidak asiemtris seperti kebiasaan BMW.
Bobot kosong cukup ringan, hanya 158,5 kg, menggunakan suspensi depan upside down (model terbalik), suspensi belakang tunggal, dan rem cakram yang dilengkapi ABS sebagai fitur standar. Ban pakai Metzeler ukuran 110/70-R17 di depan dan 150/60-R17 untuk ban belakang.

TVS sudah menyimpan versi mereka sendiri sebagai saudara dari BMW G310R, dan akan melakukan debut tahun depan dengan perbedaan harga yang dikabarkan bakal cukup jauh. Setelah tampil di Bangkok, BMW G310R akan diluncurkan perdana di India, Februari mendatang.

BMW Motorrad BMW G310R akan punya kembaran dari TVS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com