Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Indonesia Siap Ekspor Ribuan Ertiga ke Malaysia

Kompas.com - 22/01/2016, 07:01 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyatakan siap mengekspor salah satu model andalannya, Ertiga ke Malaysia, mulai kuartal kedua 2016. Kendaraan multi guna bawah (low multi purpose vehicle/LMPV) ini akan dipasok secara terurai penuh (completely knocked down/CKD).

"Ini merupakan hasil kerja sama Suzuki dan Proton, pasca Osamu Suzuki (Presiden Suzuki Motor Corporation-Jepang) mengumumkan kerja sama tahun lalu," kata Wakil Direktur Pelaksana SIS Davy Jeffry Tuilan di Jakarta, Kamis (22/1/2016) malam.

Total akan ada 1.500 unit Ertiga dikirim ke Malaysia per bulan. Jika dikali 12 bulan, maka setahun, jumlah ekspor akan mencapai 18.000 unit. "Kami menyiapkan CKD set di pabrik Cikarang, mulai Mei. Tetapi diluncurkannya di Malaysia, itu tergantung mereka di sana," ucap Davy.

Pasokan ini, kata Davy, akan melipat gandakan nilai ekspor yang diterima Suzuki Indonesia setiap tahunnya. "Sekarng, nilai ekspor Suzuki ke berbagai negara mencapai Rp 2 triliun. Di tambah Ertiga ke Malaysia, nilainya naik Rp 2 triliun lagi, jadi dua kali lipat," ucap Davy.

Saat ini, Suzuki Indonesia sudah mengekspor Ertiga ke beberapa Negeri Jiran, seperti Filipina, Thailand, Vietnam, dan Brunei dalam kondisi utuh (completely built up/CBU). Rata-rata jumlah ekspor Ertiga ke empat negara itu adalah 400 unit per bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com