Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pintar Pilih Aksesori "Biker" Selama Musim Hujan

Kompas.com - 28/12/2015, 14:56 WIB


Jakarta, KompasOtomotif - Sesuai ramalan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Desember ini, mayoritas kota besar Indonesia sudah diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Jalanan yang mulai digenangi air dan licin ketika basah, membuat risiko berkendara jadi lebih tinggi, khususnya para pengendara sepeda motor (biker).

Untuk menghadapi musim hujan ini, Michael Gerald, Safety Riding Analyst Astra Motor (Diler Utama Honda, membagikan beberapa ulasan penting terkait keselamatan berkendara di kala hujan.

Berikut beberapa aksesori atau alat keselamatan wajib yang perlu diperhatikan :

1. Helm

Makin rendahnya razia soal peredaran helm berstandar SNI, membuat banyak produk non-standar kembali menjamur. Pastikan Anda menggunakan helm ber-SNI demi meningkatkan keselamatan jika terjadi benturan.

Saat hujan, helm yang ideal digunakan adalah jenis full face, karena ketika berkendara, wajah dan mata tidak terganggu oleh guyuran air. Kaca helm bisa ditambahkan aksesori lapisan anti embun, sehingga pandangan dan konsentrasi tak terganggu.

youtube.com Bikin jas hujan lebih awet

2. Jas Hujan

Jas hujan diperlukan agar pakaian tidak basah dan mengganggu suhu tubuh pengendara. Lebih ideal jas hujan yang digunakan berbentuk jaket dan celana. Bukan berbentuk jubah atau ponco karena berisiko tersangkut ke rantai atau roda. Selain itu, pilihlah jas hujan berwarna cerah, sehingga mudah terlihat oleh pengendara lain. Jangan sekali-kali menggunakan payung sewaktu berkendara!

3. Sepatu

Banyak pengendara yang menggunakan sendal ketika hujan karena takut sepatu yang digunakan basah. Padahal, sebaiknya biker tidak menggunakan sandal karena akan berbahaya jika terjatuh atau terkena pantulan kerikil.

Gunakanlah sepatu anti air atau minimal menggunakan cover sepatu. Jika terpaksa, tetap bertahan menggunakan sepatu biasa. Jangan menapakkan kaki Anda di atas mesin (center backbone). Terutama bagi Anda yang mengendarai sepeda motor jenis bebek, melakukan ini maka mengubah titik keseimbangan, berujung pada pengendalian sepeda motor yang tidak prima.

Ghulam/Otomania Ragam sarung tangan dari Respiro Jakarta.

4. Sarung tangan

Menggunakan sarung tangan sewaktu hujan merupakan salah satu hal penting. Cengkraman tangan pada setang wajib tetap maksimal. Supaya lebih aman, biker baiknya menggunakan sarung tangan anti air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com