Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepeda dan Sofa ”KODO”, Terinsprasi Mazda MX-5 dan CX-3

Kompas.com - 16/04/2015, 08:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Milan, KompasOtomotif – Mazda Motor Corporation mempersembahkan karya seni yang terinspirasi dari bahasa desain KODO, seperti mobil-mobil yang mereka pasarkan. Dua karya dipamerkan dalam pembukaan Mazda Design: The Car as Art yang berlangsung di Milan, Italia, sejak Selasa, (14/4/2015).

Dua karya itu adalah "Bike by KODO concept" dan "Sofa by KODO concept" atau konsep rancangan sepeda dan sofa. Tema desain KODO – Soul of Motion ini bak produk-produk generasi terbaru Mazda yang mengekspresikan kekuatan gerakan layaknya binatang yang sedang melaju kencang di alam bebas.

Melalui pergelaran ini, Mazda melakukan evolusi lebih jauh dari gerakan dengan menerapkan dua elemen eskpresi yang berlandaskan seni estetika dari Jepang yaitu RIN, yang berarti kewibawaan dan ketenangan. Lalu ada EN, unsur sensualitas yang dapat memikat panca indra.

Sepeda

"Bike by KODO concept" adalah rancangan sepeda balap yang mencerminkan keindahan alami dari sepeda itu sendiri. Struktur minimalisnya dibangun dengan menggunakan jumlah komponen seminim mungkin. Kerangka dibentuk secara cermat dan hati-hati dengan menempa satu persatu lembaran baja.

Sadel kulit warna hitam hasil jahitan tangan menampilkan keseragaman desain benang dan jahitan warna merah yang serupa dengan desain All-New Mazda MX-5. Gabungan unsur dinamisme dan daya tarik yang terdapat pada rancangan sepeda ini juga mengingatkan kepada rancangan dari Mazda MX-5.

Mazda Sofa dengan bahasa desain KODO yang terinspirasi Mazda CX-3.

Sofa

Sedangkan "Sofa by KODO Concept" merupakan karya kolaborasi dari desainer Mazda dan perancang furnitur Italia, menampilkan perpaduan indah desain Mazda dengan kepekaan yang halus serta keahlian khas Italia yang ternama dengan tradisi dan hasil karya furniturnya.

Bentuk desain sofa ini terlihat tegap seperti desain dari All-New Mazda CX-3 yang juga membangkitkan nuansa sikap dan posisi yang kuat, terlihat di seluruh desain produk-produk generasi terbaru Mazda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com