Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaikindo Bidik Ekspor 200 Ribu Unit

Kompas.com - 08/05/2014, 13:12 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) terus menggenjot angka ekspor dari dalam negeri. Tahun ini, target pengiriman mobil Compeletely Built Up (CBU) ke sejumlah negara dinaikkan menjadi 200.000 unit. Angka itu meningkat 16,9 persen dibanding ekspor 2013 dengan jumlah 171.000 an unit.

Ketua Gaikindo Sudirman MR mengatakan bahwa dari target tersebut, hingga kuartal pertama tahun ini sudah mencapai 44.000. "Ada peningkatan kapasitas ekspor dari berbagai merek tahun ini, terutama produk-produk yang dikirim ke Timur Tengah. Saya belum dapat angkanya, tapi dipastikan ada kenaikan," ujarnya, Rabu (7/6/2014).

Dirinya lantas memberi contoh, ekspor Toyota Lite Ace ke Jepang misalnya, naik rata-rata 950-1.000 unit per bulan. Tujuan Timer Tengah seperti dikatakan naik cukup besar. Merek-merek yang melakukan ekspor ke negara-negara Arab ini adalah Daihatsu, Toyota, dan Suzuki.

Dijelaskan, karakter penggunaan mobil-mobil rakitan Indonesia di luar negeri kebanyakan untuk kendaraan niaga. "Padahal yang diminta kendaraan penumpang. Tapi di sana dijadikan taksi, misalnya Innova. Minibus dan pikap seperti Gran Max dari Indonesia juga menjadi andalan kendaraan niaga di pasar ekspor," jelas Sudirman.

Mulai tahun ini, mobil jenis sedan juga sudah mulai memasuki ranah ekspor dengan Vios (diberi label Yaris sedan) sebagai pionir. Sudirman memberi gambaran, bahwa tahun depan masih sulit diprediksi, karena permintaan biasanya jangka pendek, bukan rencana jangka panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com