Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lubang Tangki Mobil Murah Toyota dan Daihatsu Sudah Kecil

Kompas.com - 17/04/2014, 14:51 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Rencana pemerintah mengurangi konsumsi bahan bakar bersubsidi dengan bergulirnya program mobil mudah dan ramah lingkungan (LCGC), mulai dilakukan. Sejak dipasarkan September 2013 lalu, mobil murah menjadi kambing hitam membengkaknya subsidi karena konsumsi Premium yang semakin besar.

Kini, upaya pencegahan dilakukan dengan mengecilkan lubang tangki bahan bakar LCGC supaya tidak bisa menampung ujung selang (nozzle) dispenser bahan bakar bersubsidi. 

Sudirman Maman Rusdi, Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, dari seluruh produk LCGC yang sudah dipasarkan di Indonesia, duo Daihatsu Ayla dan Toyota Agya sudah menggunakan lubang tangki bahan bakar kecil. Tapi, nozzle yang digunakan di mayoritas SPBU masih belum diseragamkan dengan diameter lebih besar, sehingga membuat pengisian bahan bakar Premium tetap bisa dilakukan.

"Diameter lubang tangki Agya dan Ayla adalah 19 koma sekian mili meter, sementara ukuran nozzle Premium itu seharusnya tiga per empat inchi atau sekitar 22 koma mili meter. Jadi sebenarnya sudah bisa menghindari konsumen supaya beli BBM non subsidi," papar Sudirman di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Kamis (17/4/2014).

Peraturan
Dengan kesepakatan Gaikindo selaku asosiasi dan peraturan yang jelas, maka model LCGC lain yang sudah dipasarkan, yakni Suzuki WagonR dan Honda Brio Satya bisa segera menyesuaikan. Dibutuhkan instruksi yang jelas dari pemerintah Indonesia.

"Saya tidak bisa bilang, tinggal dikurangi Agya dan Ayla saja yang sudah dipasarkan jumlahnya. Kami (Agya dan Ayla) juga sudah melengkapi setiap lubang tangki bahan bakar LCGC dengan stiker imbauan agar mengonsumsi BBM non subsidi," tutup Sudirman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com