Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Baru buat 27 Model Anyar GM

Kompas.com - 20/03/2014, 17:03 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sumber Autoweek

Michigan, KompasOtomotif - General Motors (GM) memperkenalkan generasi mesin “kecil” EcoTec terbaru, Rabu (19/3/2014). Sumber penghasil tenaga ini akan digunakan pada lima brand perusahaan, dan dipasang di 27 model baru termasuk edisi penyegaran mobil kota dan crossover kompak.

“Solusi transportasi bervariasi di seluruh dunia, GM berkomitmen untuk mengembangkan mesin yang memenuhi kebutuhan tersebut di setiap negara yang menjual produk GM,” ujar Steve Kiefer, GM Vice President of Global Powertrain Engineering, seperti dilansir Autoweek, Rabu (19/3/2014).

Keseluruhan terdapat 11 varian yang terdiri dari 3 dan 4-silinder segaris untuk kapasitas 1.0 hingga 1,5 liter. Ditawarkan dalam tiga konsep, yaitu naturally-aspirated, turbocharger, dan  hibrida. Semuanya diklaim lebih efisien dibanding pendahulunya. Kemampuan tertinggi menghasilkan tenaga 165 PS plus torsi 184 Nm pada tipe 4 silinder segaris 1.5 liter turbo.

Perbaikan lain ada pada tingkat kebisingan yang telah direndahkan, GM mengatakan EcoTec bisa disandingkan bersama mesin Ford dan Volkswagen. “Arsitektur EcoTec mewakili teknologi canggih dan ramah lingkungan pada mesin kecil jenis bensin dalam sejarah GM. Seiring target performa dan efisiensi, kami juga mengincar posisi pemimpin dengan menghasilkan mesin tidak bising dan rendah getaran, kami tepat sasaran,” terang Tom Sutter, GM Global Chief Engineer of Ecotec Engines.

Dengan digunakan di banyak model, perakitan EcoTec lebih sederhana serta semakin gampang digunakan di berbagai model baru. Keuntungan buat GM, penghematan dari sisi biaya produksi. Sedangkan buat konsumen peredaran onderdil bisa lebih mudah ditemui.

Investasi 200 juta dollar telah digelontorkan untuk memproduksi seluruh mesin di lima fasilitas di seluruh dunia, termasuk pabrik Flint, Michigan. Target volume tahunan mencapai 2,5 juta unit pada 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com