Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Corolla Gen 11 Makin Gaya dan Naik Kelas

Kompas.com - 08/01/2014, 16:05 WIB
Zulkifli BJ

Penulis

lampu belakang All-New Corola Altis
Inerior All-New Corolla Altis
Peluncuran All-New Corolla Altis, dari kiri ke kanan: rahmat Samulo, johnny Darmawan, shinichi Yasui dan Mmoru Akiyama

Jakarta, KompasOtomotif – Corolla Altis 2014 atau All-New Corolla, juga generasi ke-11 dari sedan paling laris Toyota ini, tampil dengan sosok total baru, khususnya eksterior dan interior. Wajah Corolla kini tampil dengan gril berbentuk huruf “T”. 

Bagian depan dan belakang sedan ini, kini lebih banyak menggunakan lekukan tajam, mulai dari bemper depan sampai belakang bagasi. Tak kalah menarik, kini lampu utama atau depan menggunakan LED tipe proyeksi dilengkapi dengan Day Running Light (DRL), namun hanya untuk  varian paling top atau V-Grade. Varian ini tampil makin gaya dan sporty karena dilengkapi dengan pelek alloy 17 inci, sedangkan G-Grade dipilihkan 16 inci.

“Wajah  All-New Corolla ini disebut Toyota dengan Keen Look, bahasa desain Toyota yang dimulai dari Vios. Dimensi kini juga lebih besar. Alhasil lebih lega,’’ jelas Jonny Darmawan  sebelum sedan rakitan Thailand ini diluncurkan.

Untuk interior, desain barunya  disebut “Iconic Dynamism” menghadirkan fungsional, ergonomis dan kemewahan. Varian V, kaca belakangnya dilengkapi dengan ditirai  untuk mengahadang sinar matahari (sun shade). Tambahan lain, sandaran jok belakang juga bisa disetel.

Interior
Untuk entertainment, varian  V dipasangi head unit dengan layar sentuh TFT 6,95 inci  yang bisa digunakan untuk internet, memutar video dengan format DVD dan bisa membaca data melalui USB. Juga bisa dihubungkan ke iPod plus slot  untuk mikro SD dan Aux. Untuk AC, digunakanvarian V menggunakan Automatic Cooler Control, sedangkan G-Grade  harus disetel secara manual dengan tombol putar.

Mesin
Mesin 1,8 liter yang digunakan All-New Corolla ini tidak mengalami perubahan fisik dan teknologi dibandingkan mesin yang sama pada Corolla 1,8 liter sebelumnya. Mesin 2ZR-FE,  ini menggunakan 16 katup, DOHC, Dual VVT-i berkapasitas 1.798 cc, menghasilkan tenaga 151 PS dan torsi 19,4 kgm.

Khusus untuk transmisi otomatis 7-percepatan, Toyota memilih CVT yang telah diperbaiki dari  sebelumnya. Bahkan untuk transmisi otomatik dilengkapi dengan fitur Sequential Paddle Shift. Dengan ini, pengemudi bisa memindahkan gigi secara manual hanya dengan mencoel Paddel Shift. Sedangkan varian G atau transmisi manual, menggunakan tipe 6 –percepatan.  Kelengkapan lain adalah ABS, EBD dan BA.

Sementara itu, Shinichi Yasui, Chief Engineer Corolla usai peluncurkan mengatakan, pemilihan CVT untuk sedan kebanggaan Toyota ini untuk efisiensi. “Kami terus memperbaiki sistem CVT ini agar makin responsif. Kami memilih transmisi ini cocok dengan target konsumen Corolla sekarang yang mengutamakan kenyamanan dan efisiensi,” jelasnya.

Sedangkan pemilihan mesin 1,8 liter,  juga tidak ada perubahan sama sekali, mempertimbangkan harga. Bahkan ketika Kompas Otomotif menanyakan, kenapa tidak menggunakan mesin injeksi langsung dan turbocharger sehingga kapasitas lebih kecil namun performa tetap yahud, Shinichi melalui mengatakan, harganya akan lebih mahal.

Namun ketika dijelaskan, kalau cuma naik Rp 10 juta, sedangkan Corolla kini sudah naik ke kelas menengah (menggantikan posisi Corona), Shinichi mengatakan, hal tersebut bisa menjadi pertimbangan tahap berikut.

“Sekarang memang kita menggunakan mesin injeksi langsung untuk Corolla di Eropa. Namun di Asean masih menggunakan mesin dengan sistem tidak langsung dengan pertimbangan harga.

Spesikasi All-New Corolla 1,8 V (otomatik) dan 1,8 G (manual).

Mesin

Item

Tipe

2FRZR-FE, 4-slinder,
16 katup DOHC, Dual VVT-i

Kapasitas

1.798 cc

Diameter x langkah

80,5 x 88,3 mm

Tenaga maks

151 PS @ 6.400 rpm

Torsi maks

19,4kg-m @4.000  rpm

Kapasitas tangki bensin

55 liter

Dimensi

 

Panjang

4.620 mm

Lebar

1.776 mm

Tinggi

1.460 mm

Jarak sumbu roda

2.700 mm

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com