Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Streetfighter" Eropa Bengis dan Individualistis!

Kompas.com - 05/10/2012, 19:42 WIB

Tenggarong, KompasOtomotif – Tampilan standar Suzuki GSX 1100 memang sedikit jadul. Kesannya ”kotak-kotak” dengan fairing ”lebai” yang membungkus bodi hingga bagian belakang. Kesan jadul itulah yang membuat Fransiskus tega memangkas habis bodi moge hingga bentukan akhirnya bergaya streetfighter Eropa.

”Model aslinya sudah ketinggalan zaman dan untuk memperlakukannya harus ditelanjangi supaya gagah. Saya memilih aliran Streetfighter European Style untuk menutupi kekurangannya. Di zamannya memang sudah keren, tapi untuk sekarang saya rasa model naked bike lebih dilihat,” terang pria yang akrab disapa Afuk itu.

Karakter GSX 1100 adalah rangkanya yang kotak dan mesin besarnya. Dua karakter ini yang berusaha ditonjolkan Afuk agar dapat tampilan yang sesuai dan proporsional. Tujuan lain adalah membuat sepeda motor berpenampilan lebih minimalis. Konsep awal streetfighter pun mulai dijalankan dengan menguatkan kaki-kaki.

Afuk meminta bantuan Baru Motor Sport (BMS) untuk menerjemahkan maksudnya itu ke dalam sebuah garapan modifikasi. Tapak ban dilebarkan, kaki-kaki diperkokoh dengan mencomot milik moge lain yang berupa limbah. Garpu depan diambilkan dari Suzuki Hayabusa 2006, yang sudah dilengkapi setang jepit.

”Saya beruntung, karena milik Hayabusa itu sedang terbatas dan merupakan seri limited edition dengan warna tabung dibalur mewah. Pelek diambilkan dari Ducati 748 yang dibalut dengan ban Battlax tapak 120 cm dan tinggi 70 cm ring 17 di depan. Dan 190-50 di belakang. Untuk memperkuat kinerja rem, kaliper piston diganti Tokico 6 piston di depan dan Brembo doble piston di belakang.

Streetfighter harus bengis, individualistis, dan eksentrik. Itulah kenapa Afuk mengadopsi lampu proyektor ganda dari komponen mobil yang berfungsi sama seperti lampu lain. Salah satunya untuk lampu jauh (high beam). Muka bengis dari lampu lantas dipadukan dengan tangki atraktif dan desain jok individualistis!

Untuk mendongkrak performa, Afuk menaikkan kapasitas silinder dari yang semula 1.100 cc menjadi 1.200 cc. Pipa gas buang standar diganti  punya Two Brothers yang lebih seksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com