Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercedes-Benz Belum Bisa Tawarkan Mobil Listrik Kepresidenan

Kompas.com - 11/10/2024, 17:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI yang baru akan segera dilantik. Hingga kini, pemimpin tertinggi negara tersebut belum memiliki kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas operasional.

Selama ini, Mercedes-Benz yang dipilih untuk menjadi mobil kepresidenan sejak era Soeharto. Saat ini, model yang digunakan adalah S600 Guard. Sedan mewah ini dibekali mesin V12 6.0 L dan memiliki lapisan anti peluru pada kaca dan bodinya.

Baca juga: Video Mobil Presiden Jokowi Ikut Macet-macetan Tanpa Sirene

Namun, pemerintah yang selama ini mendorong penggunaan mobil listrik seharusnya juga menggunakan kendaraan tanpa emisi. Sayangnya, dari pihak Mercedes-Benz masih belum bisa menyediakannya.

Mercedes-Benz S600 GuardCarBuzz Mercedes-Benz S600 Guard

Kariyanto Hardjosoemarto, Sales and Marketing Director PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia, mengatakan, membuat mobil listrik dengan kemampuan bodi anti peluru menjadi tantangan Mercedes-Benz saat ini.

"Challenge-nya kendaraan listrik saat ini itu tuh belum ada yang anti peluru. Padahal, kalau kita bicara mobil presiden itu kan ada bulletproof karena alasan safety dan lain sebagainya," ujar Kariyanto, kepada wartawan, saat ditemui di Jakarta, Kamis (10/10/2024).

Baca juga: Video Mobil Presiden Jokowi Berhenti di Pinggir Jalan, Diduga Ban Bocor

"Saat ini, dari Mercedes belum ada kendaraan listrik kita yang bulletproof. Jadi, itu mungkin belum ada permintaan spesifik untuk mobil presiden yang listrik dan bulletproof. Tapi, tentu kita masih dalam tahap pengembangan ke depannya," kata Kariyanto.

Mobil Presiden Jokowi meninggalkan Gedung DPR MPR, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2024)Shela Octavia Mobil Presiden Jokowi meninggalkan Gedung DPR MPR, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2024)

Saat ini, sedan listrik Mercedes-Benz yang kastanya paling tinggi adalah EQS 450+ AMG Line yang dibanderol Rp 3,5 miliar (off the road). Mobil listrik ini diklaim memiliki jarak tempuh hingga 770 km.

Tenaganya disebutkan mencapai 333 Tk dan torsi 565 Nm. Kecepatan maksimumnya bisa tembus 210 kilometer per jam. Sedangkan kemampuan akselerasinya, untuk 0-100 kilometer per jam dapat dicapai dalam 6,2 detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau