Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Siapkan Tiga Mobil Listrik, Ada MPV

Kompas.com - 18/09/2024, 09:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Maruti Suzuki diketahui sedang mengembangkan tiga kendaraan listrik baru untuk pasar lokal india. Tiga kendaraan listrik tersebut meliputi segmen Sport Utility Vehicle (SUV), Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Kei Car.

Dikutip dari Gaadiwaadi, Selasa (17/9/2024), kehadiran tiga mobil listrik ini sejalan dengan strategi perusahaan untuk memenuhi permintaan mobil listrik yang terus meningkat di India. Rencananya ketiga mobil tersebut bakal dikenalkan pada dua sampai tiga tahun ke depan.

1. Suzuki eVX

Mobil konsep dari Suzuki eVX sudah beberapa kali diperkenalkan dalam berbagai kesempatan, bahkan sempat dibawa pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Kabarnya versi produksi mobil dijadwalkan meluncur pada Januari 2025, tepatnya Bharat Mobility Global Expo 2025.

Baca juga: Kolaborasi Antar Pihak Bisa Atasi Permasalahan Balap Liar

Suzuki eVX memiliki tampilan yang futuristis layaknya kendaraan masa depan. Lampu utama LED tampak menyipit dengan daytime running light khas.

Mobil konsep Suzuki eVX hadir di GIIAS 2024KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mobil konsep Suzuki eVX hadir di GIIAS 2024

Berlanjut ke bagian kabin, mobil ini kabarnya akan dibekali head unit layar sentuh dengan konektivitas nirkabel Apple CarPlay dan Android Auto, kluster instrumen digital, Head Up Display (HUD), pengisian daya nirkabel (wireless charger), serta pengaturan AC otomatis.

Selain itu, mobil ini juga dibekali dengan jok kulit lengkap dengan ventilasi untuk baris depan, beberapa pilihan mode berkendara, serta teknologi ADAS level 2.

Mobil ini dibekali dengan baterai berkapasitas 60 kWh. Baterai ini diklaim mampu menghasilkan jarak tempuh sejauh 550 Km. eVX juga didukung dengan pengisian daya cepat.

MPV SuzukiSurendhar Muthu - Gaadiwaadi MPV Suzuki

2. Suzuki YMC MPV

Suzuki juga diketahui sedang mengerjakan MPV listrik pertamanya, dengan kode YMC. Mobil ini diproyeksikan bakal memulai debut di India sekitar 2026.

MPV ini kabarnya dibangun di atas platform yang sama dengan eVX dan diperkirakan akan menggunakan paket baterai 60 kWh, mirip dengan eVX. YMC kemungkinan besar akan menawarkan jarak tempuh lebih dari 500 Km dengan pengisian penuh.

Baca juga: Ingat Lagi Pentingnya Blokir STNK Saat Kendaraan Sudah Dijual

Salah satu mobil konsep andalan, Suzuki eWX, calon Kei Car berteknologi BEV di Japan Mobility Show 2023.KOMPAS.com/Agung Kurniawan Salah satu mobil konsep andalan, Suzuki eWX, calon Kei Car berteknologi BEV di Japan Mobility Show 2023.

3. Suzuki eWX

Suzuki eWX konsep, diluncurkan secara global pada akhir tahun 2023 tepatnya di Japan Mobility Show. Versi produksi mobil listrik ini kabarnya bakal menjadi EV dengan harga terjangkau yang dirancang khusus untuk pasar India.

Menargetkan segmen EV dengan harga yang terjangkau, mobil ini diharapkan dapat menyaingi model-model seperti MG Comet EV dan Tata Tiago EV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau