Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Aman Mengemudikan Mobil yang Belum Dilengkapi Fitur ABS

Kompas.com - 31/08/2024, 16:02 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil modern sudah dibekali anti-lock brake system (ABS) sebagai pencegah roda selip ketika proses pengereman.

Artinya, ada peluang roda mobil tanpa ABS bakal mengalami selip ketika mengerem. Maka dari itu perlu langkah antisipasi, terlebih lagi berkendara dalam kondisi jalan licin.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, pada saat musim hujan atau jalan berpasir maka diperlukan penyesuaian kebiasaan dalam mengemudikan mobil untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

Baca juga: Ini Pemicu Rusaknya Rem ABS pada Mobil


“Laju kendaraan sebaiknya dikurangi, apalagi mobil yang dikendarai masih minim fitur keselamatan seperti ABS, karena laju kendaraan sangat berkaitan erat dengan pengereman,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ibrohim mengatakan, dengan laju kendaraan yang cukup tinggi, padahal permukaan jalan licin, maka mobil akan kesulitan bermanuver dengan baik.

“Seperti di tikungan misal, untuk bisa bermanuver dengan baik laju kendaraan perlu dikurangi, biasanya pengemudi akan menginjak pedal rem, untuk mobil non-ABS tentu ini berisiko,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Perawatan Rem ABS Motor untuk Keamanan Berkendara Optimal

Tekanan angin pada ban mobil hendaknya disesuaikan dengan beban mobil.Pixabay Tekanan angin pada ban mobil hendaknya disesuaikan dengan beban mobil.

Menurut Ibrohim, cara paling aman untuk menghindari tergelincir adalah dengan mengurangi laju kendaraan.

“Misal dilakukan rem dengan pelan, atau sesekali mengocok pedal rem, itu bisa saja, tapi itu berlaku hanya untuk pengemudi yang sudah profesional serta paham dengan karakter rem mobil yang dikendarai, pengemudi secara umum sebaiknya mengurangi laju kendaraan,” ucap Ibrohim.

Jadi, menurut Ibrohim, cara paling tepat untuk menghindari mobil non-ABS tergelincir di jalan yang licin adalah mengurangi laju kendaraan sebagai langkah antisipasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau