Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Jenis Bahan buat Modifikasi Jok Motor, Bikin Empuk

Kompas.com - 28/08/2024, 12:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

DEPOK, KOMPAS.com - Jok di motor yang bawaan pabrik dibuat dari bahan busa. Fungsi utama dari jok tentu untuk menopang badan pengendara, tapi biasanya kalau standar, dibuat seadanya saja, tidak memprioritaskan kenyamanan.

Makanya kalau mau dibikin nyaman, opsi yang bisa dipilih adalah dengan custom atau modifikasi jok. Sudah ada beberapa bengkel jok yang bisa dan mengikuti dengan kebutuhan pemilik motor.

Satya, pemilik bengkel modifikasi jok Satya Seat di Depok, mengatakan, ada dua bahan yang bisa digunakan buat bikin jok motor lebih nyaman, yaitu dengan lateks dan gel.

Baca juga: Tren Modifikasi Jok Vespa, Pakai Bahan Kain Tartan

Modifikasi jok motorKOMPAS.com/FATHAN Modifikasi jok motor

"Kita sarankan pakai lateks, bikin busa (jok standar) lebih empuk. Jadi mereka berkendara sehari-hari enggak pegal," kata Satya kepada Kompas.com belum lama ini.

Selain pakai lateks, buat motor tertentu yang model joknya tipis tapi mau dibikin empuk, bisa menggunakan bahan dari gel. Selain empuk, bahan gel juga bisa meredam panas dengan baik.

"Gel itu biasa untuk motor sport yang joknya tipis dan mesin besar yang panas. Tujuannya untuk meredam panas mesin ke joknya tapi dia juga ikuti kontur duduk pengendara," kata Satya.

Baca juga: Kijang Innova Zenix Hybrid Kuasai Pasar HEV Jawa Tengah, Ini Rinciannya


Kelebihan dari modifikasi jok dengan bahan lateks adalah lebih empuk. Cuma kurangnya, bahan lateks yang dari karet ada usianya, sekitar dua tahun akan getas dan harus diganti dengan yang baru biar tetap empuk.

"Kalau gel, paling mudah perawatannya, umur panjang karena bahannya silikon murni. Kurangnya di harga yang tidak terjangkau, bisa tiga kali lipat dari custom biasa (pakai lateks)," kata Satya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau