Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri Membedakan Jok Recaro Asli dan Palsu

Kompas.com - 02/08/2024, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Recaro merupakan merek jok yang banyak dilirik penyuka otomotif khususnya aliran modifikasi. Popularitas Recaro sebagai jok aftermarket tidak perlu diragukan lagi.

Salah satu contoh bahwa Recaro banyak diminati yaitu karena jok ini banyak palsunya. Tujuannya apalagi kalau tidak ingin tampilan interior mobil jadi bergaya dengan jok bertuliskan Recaro.

Baca juga: Hindari Kebiasaan Menggerakkan Setir Saat Mobil Berhenti

Iwan Setiawan punggawa Autodistro yang menjual jok Recaro, mengatakan, sebetulnya tidak sulit membedakan jok Recaro yang asli dan palsu sebab dari fisik bakal terlihat.

Jok Recaro dan OEM eks Singapura.dok.Garasi Sunroof Jok Recaro dan OEM eks Singapura.

"Dari tampang bisa mirip karena Thailand juga bikin, tapi dari reclining seat, tombol-tombol, kemudian sasis dan busa itu yang membedakan," ujar Iwan kepada Kompas.com, Kamis (1/8/2024).

"Mayoritas yang palsu itu dari sasis jok standar tapi kemudian dilas dan digetok mirip Recaro, kemudian dibikin jadi seperti mirip. Kalau untuk fisik sebetulnya jelas kelihatan," katanya.

Dari harga juga pasti berbeda. Produk asli seperti disebutkan Iwan punya banderol tidak murah. Harga itu merupakan kompensasi atas kualitas yang bisa dirasakan sang pemakai.

Baca juga: Selesai Rehat, Pertamina Enduro VR46 Incar Podium di MotoGP Inggris 2024

"Recaro ada beberapa macam tipe, tipe paling bawah, menengah, dan versi atas. Ada juga Recaro elektrik, itu harganya beda-beda," kata Iwan.

RecaroFoto: Carscoops Recaro

Baca juga: Baru Meluncur, Serena e-Power Terpesan 728 SPK di GIIAS 2024

Iwan mengatakan, untuk Recaro bekas mulai dari Rp 13 juta- Rp 15 juta untuk model biasa. Kemudian meningkat untuk model yang lebih tinggi, sedangkan model elektrik lebih mahal lagi.

Adapun jok baru harga terendahnya lebih mahal dari yang bekas. Recaro Ergomed ES contohnya bisa tembus Rp 48 juta, kemudian SR7 semi bucket Rp 42 jutaan.

"Ini kita set ya, artinya jok kiri-kanan. Kebanaykan pemain di Indonesia, anak-anak cari yang rentang harga sekitar Rp 13 juta -Rp 15 juta, sebab joknya sudah enak" ujar Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau