Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Ikut Tren, Simak Tips Beli Mobil Tahun '90-an

Kompas.com - 28/08/2024, 10:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

  

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren mobil retro tahun '80-an dan '90-an kembali menggeliat kurun waktu beberapa tahun belakangan. Sedan dan hatchback yang sudah berumur lebih dari 30 tahun kini jadi incaran anak muda.

Mamang Mawardi, pemilik bengkel spesialis Toyota Starlet yaitu Depok Auto Care, mengatakan, ada satu hal yang perlu dicek kondisinya jika berniat membeli mobil tahun tua.

Baca juga: Kijang Innova Zenix Hybrid Kuasai Pasar HEV Jawa Tengah, Ini Rinciannya

“Sebelum beli mobil tua, karena mobil tua terlepas dari umur ada sejarah yang cukup panjang jadi yang utama ialah sasis,” ujar Mamang kepada Kompas.com, di Depok, Jawa Barat, Selasa (27/8/2024).

 

Ilustrasi Toyota Starlet KapsulGridOto.com Ilustrasi Toyota Starlet Kapsul

“Sebab mobil-mobil kita itu mayoritas ialah monokok artinya sasis dan bodi jadi satu. Kalau mobil pernah mengalami tabrakan, dan posisi kaki-kaki berubah mobil tidak akan bisa sempurna meski sudah dibetulkan,” kata Mamang.

“Itu salah satu kelemahan bodi monokok,” ujarnya.

Kemudian yang kedua ialah perintilan atau aksesoris mobil. Tak sedikit yang “kecele” beli mobil tua harga murah tapi ternyata konponennya mahal sehingga mobil jadi terbengkalai saat mau restorasi.

Baca juga: Seberapa Lega Kabin Nissan Serena e-Power?

“Namanya mobil tua sudah banyak yang hilang atau jelek. Masalahnya barang-barang ini sudah tidak dijual lagi, pemilik mesti mencari atau pakai barang copotan,” katanya.

Ilustrasi Toyota Starlet KapsulGoodrides Ilustrasi Toyota Starlet Kapsul

“Perintilan ini penting karena bisa jadi lebih mahal dari mobilnya sendiri apalagi kalau kita main JDM (Japan Domestic Market),” ujarnya.

Baca juga: Tren Modifikasi Jok Vespa, Pakai Bahan Kain Tartan

Mamang mengatakan, adapun soal mesin sebetulnya tidak perlu takut. Saat ini banyak bengkel yang paham mengenai mesin. Pmilik hanya dituntut untuk lebih perhatian pada mobilnya.

"Kalau servis pada dasarnya tidak terlalu sulit. Sebab mobil tua (Jepang tahun '80-an sampai '90-an) pada dasarnya punya durabilitas mesin yang baik, tahan,” katanya.

"Mobil tidak rewel selama kita tahu item apa yang mesti kita perhatikan. Masalah mobil tua itu temperatur, itu dicari masalahnya. Bisa dari radiator, kompresi bocor atau sirkulasi lain,” kata Mamang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau