Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Perbedaan Power Steering Hidrolik dan Power Steering Elektrik

Kompas.com - 28/08/2024, 08:22 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Power steering adalah fitur penting dalam mobil yang dirancang untuk memudahkan pengemudi dalam mengendalikan kemudi, terutama saat berbelok atau memarkir kendaraan.

Dua sistem power steering yang digunakan dalam mobil umumnya adalah hidrolik dan elektrik. Meskipun keduanya berfungsi untuk meringankan beban pengemudi, ada perbedaan signifikan dalam cara kerjanya yang berdampak pada kenyamanan dan performa kendaraan.

Menurut Lung Lung, pemilik Dokter Mobil, pemilihan antara power steering hidrolik dan elektrik sering kali bergantung pada kebutuhan dan preferensi pengemudi.

Baca juga: Kijang Innova Zenix Hybrid Kuasai Pasar HEV Jawa Tengah, Ini Rinciannya

"Power steering hidrolik bekerja dengan memanfaatkan tekanan cairan hidrolik untuk membantu pergerakan kemudi, sedangkan power steering elektrik menggunakan motor listrik untuk meringankan beban pengemudi," kata Lung Lung kepada Kompas.com, Selasa (28/8/2024).

Lung Lung menjelaskan, bahwa power steering hidrolik cenderung memberikan respons yang lebih nyata kepada pengemudi, membuat setiap gerakan kemudi terasa lebih terhubung dengan jalan.

Ilustrasi power steering pada mobilGuideautoweb.com Ilustrasi power steering pada mobil

Namun, kekurangan dari sistem hidrolik adalah perawatannya yang lebih rumit dan risiko kebocoran cairan yang dapat mengurangi performa sistem.

Selain itu, power steering elektrik dianggap lebih efisien dalam penggunaan energi dan memerlukan perawatan yang lebih sedikit.

"Penggunaan motor listrik membuat sistem ini lebih hemat energi, yang memudahkan perawatan. Power steering elektrik juga lebih ringan dan sering dilengkapi fitur yang bisa disesuaikan dengan preferensi pengemudi," katanya.

Baca juga: Penyebab Knalpot Mengeluarkan Asap Berlebih

Saat ini, produsen mobil sudah banyak beralih ke power steering elektrik pada model-model terbaru mereka untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi.

Sementara itu, power steering hidrolik lebih sering ditemukan pada model-model yang lebih tua atau kendaraan yang dirancang untuk aplikasi khusus seperti off-road atau truk berat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau