Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Muda Indonesia Jadi Wildcard Moto3 di MotoGP Aragon 2024

Kompas.com - 28/08/2024, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap muda Indonesia kembali menjadi wildcard di ajang balap tingkat dunia. Fadillah Arbi Aditama terpilih untuk mengikuti MotoGP Aragon 2024 di kelas Moto3.

Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) tersebut akan ikut bersaing di Sirkuit Aragon, Spanyol, akhir pekan ini, Minggu (1/9/2024). Pebalap asal Purworejo, Jawa Tengah ini bertekad untuk semakin memperkuat performa terbaik.

Baca juga: Debut Fadillah Arbi Jadi Pebalap Wildcard untuk Moto3 Mandalika 2023

Bekal sebagai pebalap satu musim penuh pada ajang FIM JuniorGP yang juga menggunakan beberapa sirkuit yang sama dengan MotoGP, membuat satu-satunya pebalap Indonesia di puncak balap dunia ini memiliki motivasi tersendiri untuk tampil kompetitif.

Fadillah Arbi Aditama menjadi pebalap wildcard pada MotoGP Aragon 2024 di kelas Moto3Dok. AHRT Fadillah Arbi Aditama menjadi pebalap wildcard pada MotoGP Aragon 2024 di kelas Moto3

Sebelumnya, Arbi juga pernah menjadi wildcard pada MotoGP Catalunya 2024 di kelas Moto3. Pada kesempatan tersebut, Arbi finish di posisi ke-23. Cedera yang baru saja selesai ia derita, menjadi tantangannya kala itu.

“Saya berterima kasih kepada Astra Honda Racing Team, Junior Talent Team dan Honda Team Asia yang telah memberi kesempatan emas ini. Saya sangat antusias dan akan mengerahkan kemampuan terbaik saya dalam kesempatan yang luar biasa ini,” ujar Arbi, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Deretan Pebalap Moto3, Moto2, dan MotoGP yang Pakai Helm Lokal

Arbi merupakan jebolan Astra Honda Racing School tahun 2019. Jenjang balap yang disusun oleh PT Astra Honda Motor (AHM) mampu membuat dirinya menjadi sangat kompetitif.

Fadillah Arbi Aditama menjadi pebalap wildcard pada MotoGP Aragon 2024 di kelas Moto3Dok. AHRT Fadillah Arbi Aditama menjadi pebalap wildcard pada MotoGP Aragon 2024 di kelas Moto3

Arbi memulai karier balap internasionalnya di ajang Asia Talent Cup pada musim 2021 saat berusia 15 tahun. Potensi yang menjanjikan pun dia tunjukkan, sehingga Arbi mendapat kesempatan untuk bersaing di ajang FIM JuniorGP hingga saat ini memasuki musim keduanya.

Selain Arbi, ada juga alumni AHRS lainnya, yakni Mario Suryo Aji, yang bersaing di kelas Moto2 bersama Honda Team Asia. Tidak menutup kemungkinan Arbi akan mengikuti jejak Mario Aji.

Para pebalap Indonesia, khususnya binaan Honda, cukup sering mendapatkan kesempatan wildcard, baik di kelas Moto3 maupun Moto2. Selain Arbi dan Mario, sebelumnya juga sudah ada Andi Farid Izdihar alias Andi Gilang dan Gerry Salim, serta masih banyak lagi lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau