Deretan Pebalap Moto3, Moto2, dan MotoGP yang Pakai Helm Lokal

Kompas.com - 07/03/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm merupakan salah satu pelindung keselamatan yang paling vital pada pebalap. Untuk itu, tiap pebalap tak sembarangan dalam memilihnya.

Ada banyak merek helm yang digunakan oleh pebalap di kelas Moto3, Moto2, dan MotoGP. Tapi, di antara sekian banyak itu, ada dua merek helm lokal, yakni KYT dan NHK.

Baca juga: EQRS, Fitur Penyelamat yang Wajib Ada di Helm Balap

Helm KYT yang dibuat oleh PT Tarakusuma Indah pertama kali dipakai di MotoGP oleh Rafid Topan Sucipto. Tepatnya, saat Rafid turun di kelas Moto2 dengan QMMF Racing Team pada 2013 lalu.

Aleix Espargaro saat sesi tes pra-musim MotoGP 2022 di Sirkuit Sepang, Malaysia. (Photo by Ahmad Fadali / AFP)AHMAD FADALI Aleix Espargaro saat sesi tes pra-musim MotoGP 2022 di Sirkuit Sepang, Malaysia. (Photo by Ahmad Fadali / AFP)

Kemudian, pada musim berikutnya digunakan oleh Andrea Iannone di kelas MotoGP. Sementara di kelas Moto2, digunakan oleh Xavier Simeon.

Sekarang, helm KYT hanya digunakan oleh dua pebalap di kelas MotoGP, yakni Aleix Espargaro dan Enea Bastianini.

Baca juga: Ini Bedanya Helm Balap Mobil dan Motor

Sedangkan di kelas Moto2, digunakan oleh Simone Corsi, Lorenzo Dalla Porta, Augusto Fernandez, dan Niccolo Antonelli.

Pebalap Indonesia milik Honda Team Asia, Mario Suryo Aji, ketika mengikuti tes pramusim Moto3 2022 di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, pada Sabtu (19/2/2022).Honda Team Asia/ David Goldman Pebalap Indonesia milik Honda Team Asia, Mario Suryo Aji, ketika mengikuti tes pramusim Moto3 2022 di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, pada Sabtu (19/2/2022).

Untuk kelas Moto3, penggunanya adalah Jaume Masia, Dennis Foggia, Riccardo Rossi, dan pebalap Indonesia Mario Suryo Aji.

Sementara helm NHK yang dibuat oleh PT NHK Indonesia, debutnya di kelas MotoGP pada musim 2018. Untuk MotoGP, helm ini dipakai oleh Karel Abraham. Sedangkan Moto2, digunakan oleh Jules Danilo.

Pebalap Pertamina Mandalika SAG Team, Bo Bendsneyder, saat berlaga pada Moto2 Algarve 2021Rafa Marrodan Pebalap Pertamina Mandalika SAG Team, Bo Bendsneyder, saat berlaga pada Moto2 Algarve 2021

Sekarang ini, penggunanya di kelas MotoGP tidak ada. Penggunanya hanya di kelas Moto2, Moto3, dan MotoE.

Sempat digunakan oleh Remy Gardner musim lalu saat masih di kelas Moto2. Dengan helm NHK, Gardner berhasil meraih gelar juara dunia Moto2 2021. Musim ini, hanya tinggal Bo Bendsneyder dari Pertamina Mandalika SAG Racing Team saja yang mengandalkannya.

Untuk di kelas Moto3, Ivan Ortola dan Adrian Fernandez jadi pengguna helm ini. Lalu, di kelas MotoE, dipakai oleh Alex Escrig.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.