Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

B50 Resmi Diluncurkan, Berikut Hasil Uji Coba pada Kendaraan

Kompas.com - 20/08/2024, 15:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman resmi meluncurkan bahan bakar campuran solar dengan minyak sawit dengan rasio masing-masing 50 persen atau B50, Senin (19/8/2024).

Langkah ini merupakan salah satu upaya Tanah Air dalam memastikan akses energi yang terjangkau dan ramah lingkungan. Pasalnya, B50 tidak hanya mengurangi emisi karbon, tapi juga menekan defisit atas perdagangan.

"Biodiesel B50 dapat menghemat devisa negara untuk impor solar yang membebani keuangan negara rata-rata hingga Rp 300-400 triliun per tahun," ujar Amran dalam keterangannya, dikutip pada Selasa (20/8/2024).

Baca juga: Perlu Periksa Kondisi Roda Setelah Berkendara di Jalanan Buruk

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengikuti peluncuran implementasi biodiesel B50 di pabrik biodiesel PT Jhonlin Agro Raya di Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Minggu (18/8/2024).KEMENTERIAN PERTANIAN Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengikuti peluncuran implementasi biodiesel B50 di pabrik biodiesel PT Jhonlin Agro Raya di Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Minggu (18/8/2024).

Di sisi lain, pemanfaatan minyak sawit untuk B50 juga sebagai upaya untuk mengurangi ketergantungan terhadap pasar ekspor sawit yang kerap mendapat kampanye negatif yang berdampak pada terganggunya ekspor sawit nasional.

"Untuk itu, saat ini kami ditugaskan mengawal kesiapan pemerintah untuk program implementasi Biodiesel B50 tersebut, tidak hanya dari sisi suplai pada kesiapan bahan baku Crude Palm Oil (CPO), tetapi lebih luas lagi," kata Amran.

Bahan bakar biodiesel B50 diproduksi PT Jhonlin Agro Raya (JAR) dan diuji coba langsung ke kendaraan oleh Amran. Dalam uji coba terkait kendaraan yang digunakan ialah Toyota Kijang Innova tahun 2018 tanpa modifikasi pada mesin atau selang.

Adapun uji coba dilaksanakan hingga Juli 2024 dan telah menempuh jarak 170.891 kilometer.

Baca juga: Pemilik Harley-Davidson Indonesia Bergeser ke Usia Muda

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menguji coba bahan bakar Biodiesel B50 disela acara peresmian Pabrik Biodiesel B50 di Tanah Bumbu, Kalsel, Minggu (18/8/2024). KOMPAS.com/ANDI MUHAMMAD HASWAR Menteri Pertanian Amran Sulaiman menguji coba bahan bakar Biodiesel B50 disela acara peresmian Pabrik Biodiesel B50 di Tanah Bumbu, Kalsel, Minggu (18/8/2024).

"Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan terdapat kelebihan penggunaan B50 meliputi hasil uji coba pada kendaraan publik untuk B50 rata-rata dapat menempuh 11,82 km per liter," kata Ketua Working Group Biodiesel B50 Dirjen PSP Kementan, Andi Nur Alamsyah.

Lebih jauh, pengujian pada kendaraan lapangan atau double cabin, efisiensi B50 mencapai 10,4 kilometer per liter, sedangkan B35 hanya 9 km per liter.

Sementara pengujian pada alat seperti buldoser, ekskavator, dan truk juga menunjukkan keunggulan efisiensi B50.

"Penggunaan B30 sudah mampu menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 22,7 juta ton CO2 equivalent sehingga implementasi B50 diperkirakan mampu menurunkan emisi setidaknya 50 jut aton CO2 equivalent," ujar dia.

Baca juga: Unik, Modifikasi Karimun Bergaya American Hot Rod

Keunggulan lain dari B50 adalah kandungan sulfurnya yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan bahan bakar solar konvensional.

Bila terlalu tinggi kadarnya sulfur pada solar dapat menyebabkan kerak, menimbulkan kerusakan pada komponen mesin, hingga saluran bahan bakar.

Dengan kandungan sulfur yang lebih rendah, B50 diharapkan dapat memperpanjang umur mesin kendaraan sekaligus mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Meski demikian, Andi mengatakan tantangan utama dalam pengembangan Biodiesel B50 adalah pemenuhan bahan baku CPO dan peningkatan efisiensi produksi pabrik.

"Kami juga sedang melakukan penyesuaian infrastruktur dan sarana prasarananya untuk program B50 ke depan," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau