Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Modifikasi Karimun Bergaya American Hot Rod

Kompas.com - 20/08/2024, 10:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Karimun meluncur pada akhir 1990-an. Mobil yang memiliki dimensi mungil ini cukup banyak diminati masyarakat, terutama bagi mereka yang mobilitasnya di perkotaan.

Namun, berbeda dengan Suzuki Karimun yang tim redaksi temui di kawasan Jakarta Selatan beberapa waktu lalu. City car lawas dari Suzuki ini tampil dengan bentuk yang cukup unik, sebab pemiliknya memotong atap kendaraan untuk mendapatkan kesan mobil American Hot Rod.

Sang pemilik bernama Diego Shefa menceritakan awal mula dirinya memutuskan memodifikasi Suzuki Karimun. Pria berusia 33 tahun ini dibantu oleh salah satu modifikator yang legendaris di Indonesia bernama Peter Jacobson untuk mendapat tampilan dengan gaya American Hot Rod.

Baca juga: Diskon Mobil Listrik Agustus 2024, Wuling BinguoEV Tembus Rp 75 Juta

“Sebenarnya mobil ini saya beli dari baru tahun 2005. Dari tahun 2006 sudah dimodifikasi seperti ini, dipotong atapnya. Tapi pada saat itu atapnya tidak pakai kaca,” ucap Diego, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Modifikasi Suzuki Karimun bergaya American Hot RodKompas.com/Nanda Modifikasi Suzuki Karimun bergaya American Hot Rod

Banyaknya kesibukan membuat Diego hanya menyimpan mobil ini di dalam garasi. Hingga akhirnya pada akhir tahun lalu, dirinya dibantu oleh Human on Wheels, untuk kembali merestorasi mobil Karimun bergaya Hot Rod ini.

Secara tampilan, Diego masih mempertahankan fascia Karimun dengan ciri khas body kotak serta lampu depan yang membulat.

“Ubahan dari eksterior, body nya di drop sedikit, kemudian di radius ulang, pakai pelek 20 inci, jadi tidak terlihat kebesaran. Atap dipotong, hanya disisakan sejengkal. Untuk atasnya kita kasih panoramic roof, kaca setebal 4 cm,” kata Diego.

Bagian mesin juga sudah dilakukan ubahan, dengan menggunakan karburator 4 barrel.

“Mesin harus kita buat lebih ngebut untuk menarik pelek sebesar 20 inci. Karena sebetulnya maksimum Karimun hanya 18 inci. Kemudian untuk rem juga pakai Brembo 355 mm, bekas mobil Mercy. Pelek besar, mesin kencang, kalau remnya tidak bagus kan percuma, karena terkait safety,” ujar pria yang berprofesi sebagai seniman itu.

Modifikasi Suzuki Karimun bergaya American Hot RodKompas.com/Nanda Modifikasi Suzuki Karimun bergaya American Hot Rod

Ubahan total juga dilakukan Diego pada bagian interior, paling ketara adalah ubahan jok yang dibuat lebih pendek untuk menyesuaikan atap.

“Interior jok nya kita potong, menyesuaikan atap, jadi ketika pengemudi duduk tidak sempit, jarak kepala ke atap masih jauh. Baris belakang jok nya juga saya ubah biar bisa sandaran. Selebihnya kita rapikan saja,” ucap Diego.

Baca juga: Diskon LSUV Agustus 2024, Toyota Rush Tembus Rp 31 Juta

Secara keseluruhan modifikasi Suzuki Karimun yang dilakukan oleh Diego memang cukup ekstrem dan unik. Tak heran jika dirinya harus merogoh kocek hingga ratusan juta untuk mendapatkan tampilan American Hot Rod.

“Kalau budget sejujurnya saya tidak menghitung, tetapi ratusan juta ada,” kata Diego.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau