Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Mobil Listrik Honda e, Dijejali Mesin Konvensional

Kompas.com - 13/08/2024, 17:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang yang rela melakukan konversi pada mobil konvensional menjadi mobil listrik. Tapi, ada juga yang ternyata nekat melakukan sebaliknya.

Pada video yang diunggah oleh akun TikTok @chinchuk, terlihat mobil listrik Honda e yang tampilannya sudah seperti mobil balap. Mobil tersebut dilengkapi dengan bodykit pada beberapa bagian, spoiler besar di belakang, dan lengkap dengan rear diffuser.

Baca juga: Honda Tidak Akan Menjual Mobil Honda e di Indonesia

Honda e garapan Innovate Composites ini bagian interiornya juga sudah dirombak. Bagian kabin diperkuat dengan roll cage, serta setir dan joknya juga sudah diganti model balap.

@cinchuk Fair play Innovate Composites! This thing is ???????? #honda #hondae #racecar #moddedcar #modifiedcar #performancecar #btcc #touringcars #fastcar #electriccar #carstok #carsoftiktok #carsoftt #carsdaily ? Drake style/HIPHOP beat(1491552) - Burning Man

Saat kap depan dibuka, ternyata mobil tersebut sudah dijejali dengan mesin konvensional. Disebutkan mesin yang digunakan berkapasitas 2.0 L turbo, dipadukan dengan girboks sequential. Sayangnya, tidak disebutkan kode mesin yang digunakan dan berapa tenaga yang dimiliki.

Untuk diketahui, Honda e pertama kali diperkenalkan pada 2019. Usianya tidak lama, karena pada 2023 Honda resmi menghentikan produksinya untuk pasar Eropa. Sedangkan untuk pasar Jepang, baru di 2024 Honda e disuntik mati.

Modifikasi Honda e, mobil listrik dikonversi jadi mobil konvensionalDok. @cinchuk Modifikasi Honda e, mobil listrik dikonversi jadi mobil konvensional

Baca juga: Honda e Disuntik Mati Januari 2024, Harga Tinggi Penjualan Rendah

Kapasitas baterainya juga tergolong kecil, hanya 35,5 kWh. Sehingga, jarak tempuhnya juga terbatas, yakni 220 km. Tenaganya berkisar antara 134 Tk hingga 152 Tk, dengan torsi 315 Nm.

Honda e juga sempat diperkenalkan di Indonesia. Tapi, PT Honda Prospect Motor (HPM) tidak berniat untuk menjualnya, karena mobil listrik ini hanya digunakan untuk mengenalkan masyarakat tentang teknologi elektrifikasi yang dimiliki Honda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau