Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Mobil Listrik Honda e, Punya Jarak Tempuh 220 Km

Kompas.com - 12/04/2023, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) belum lama ini memamerkan Honda e. Mobil listrik tersebut menjadi contoh bagian dari Honda e:Technology.

Dilihat dari desainnya, bisa dikatakan cukup jauh dari kesan futuristis. Bahkan, terlihat sedikit retro dengan bodi yang membulat serta lampu depan dan belakang model bulat.

Baca juga: Kencan Singkat dengan Mobil Listrik Honda e

Secara dimensi, Honda e cukup ringkas. Mobil listrik ini memiliki panjang 3.894 mm, lebar 1.752 mm, tinggi 1.512 mm, dan jarak sumbu roda 2.538 mm.

Mobil listrik Honda eKompas.com/Donny Mobil listrik Honda e

Honda membekali mobil listrik ini dengan baterai berkapasitas 35,5 kWh. Dengan baterai tersebut, Honda e diklaim dapat menempuh jarak hingga 220 Km.

Pengisian daya baterai pada mobil berada di bagian depan dan sudah dilengkapi dengan fast charging yang mampu mengisi dari nol hingga 80 persen dalam waktu 30-36 menit. Mobil ini menggunakan tipe konektor Mennekes 2 dan CCS 2.

Baca juga: HPM Tegaskan Tidak Akan Jual Mobil Listrik Honda e

Motor listriknya mampu memberikan tenaga sebesar 151,8 tk dan torsi hingga 315 Nm. Motor listriknya ditempatkan pada roda belakang. Dengan bantuan mode berkendara Sport, Honda e mampu berakselerasi 0-100 Kilometer per jam dalam waktu kurang dari 9 detik.

Mobil listrik Honda eKompas.com/Donny Mobil listrik Honda e

Tak hanya bertenaga, Honda e juga memiliki performa berkendara yang lincah sekaligus stabil. Sebab, mobil ini dirancang dengan desain 50:50 Weight Ratio Distribution, di mana bobot kendaraan terbagi rata di bagian depan tengah dan belakang.

Bagian depan ditempati controller, bagian tengahnya baterai, dan bagian belakang untuk motor listrik.

Mobil listrik Honda eKompas.com/Donny Mobil listrik Honda e

Penempatan baterai juga dirancang secara efisien untuk menghasilkan ruang kabin yang lapang dan nyaman bagi penumpang. Honda melengkapi produk BEV-nya dengan baterai berkapasitas besar dengan pengaturan tenaga yang efisien.

Untuk semakin meningkatkan efisiensi baterai, produk Honda e juga memiliki teknologi Single Pedal Control System. Teknologi ini memanfaatkan perlambatan untuk meregenerasi tenaga listrik untuk mengisi baterai saat pengemudi melepaskan pedal akselerasi.

Baca juga: Honda Sebut Mobil Hybrid Lebih Laris Dibanding Mobil Listrik

Mobil listrik Honda eKompas.com/Donny Mobil listrik Honda e

Dengan kapasitas baterai yang ada, pengguna dapat menggunakan soket listrik 12V DC dan 230V AC untuk menghubungkan berbagai perangkat elektronik yang bisa dilakukan saat pengisian daya.

Selain itu, terdapat fitur V2X alias vehicle to grid, building and home. Dengan fitur ini, saat kendaraan dihubungkan kepada Honda Power Manager, kendaraan dapat berperan sebagai stationary battery untuk menyalurkan listrik kepada rumah, bangunan, maupun jaringan listrik lainnya.

Mobil listrik Honda eDok. HPM Mobil listrik Honda e

Layar yang terdapat pada interior mobil juga dapat menampilkan berbagai display, seperti tampilan video game maupun smartphone. Sebab, sudah tersedia soket untuk HDMI.

Baca juga: Honda Civic Type R 2023 Disulap Jadi Hatchback 90-an

Mobil listrik Honda eDok. HPM Mobil listrik Honda e

Soal fitur, Honda e sudah dibekali dengan Side Camera Mirror System, Honda Parking Pilot, Honda Sensing, Sky Roof, dan lainnya. Selain itu, dilengkapi juga dengan beragam fitur keselematan aktif, seperti Brake Assist, Anti-lock Braking System, Vehicle Stability Assist, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com