Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda-tanda Aus pada Kampas Rem Motor, Segera Ganti

Kompas.com - 02/08/2024, 11:22 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kampas rem adalah salah satu komponen vital pada motor yang berfungsi untuk menghentikan atau memperlambat laju kendaraan. Namun, seiring waktu dan penggunaan, kampas rem akan mengalami keausan yang dapat mempengaruhi kinerja rem. Setiap pengendara mesti mengenali tanda-tanda kampas rem yang sudah aus agar dapat segera melakukan penggantian dan menjaga keselamatan berkendara.

Wahyu Budi, Technical Center Instructor PT Wahana Makmur Sejati, menjelaskan, bahwa salah satu tanda paling umum dari kampas rem yang aus adalah suara berdecit atau berderit saat rem digunakan. 

"Tanda-tanda kampas rem yang aus memang harus diperhatikan dengan serius. Jika sudah terdengar suara berdecit saat pengereman atau rem terasa kurang pakem, itu berarti kampas rem sudah menipis dan perlu diganti. Pengendara sebaiknya tidak menunda penggantian karena bisa berdampak pada keselamatan," kata Wahyu kepada Kompas.com, Kamis (1/8/2024).

Baca juga: Tarif dan Syarat Bikin SIM C, dan C1 per Agustus 2024

Suara berdecit biasanya disebabkan oleh gesekan antara piringan rem dan kampas rem yang sudah menipis. Selain itu, jika pengendara merasakan bahwa rem motor menjadi kurang responsif atau membutuhkan jarak lebih panjang untuk berhenti, itu juga merupakan indikasi bahwa kampas rem sudah waktunya diganti.

Selain suara dan respons rem, pengendara juga bisa memeriksa kondisi fisik kampas rem secara langsung. Kampas rem yang masih baik biasanya memiliki ketebalan yang cukup untuk memberikan tekanan yang optimal pada piringan rem. Jika ketebalan kampas rem sudah berkurang secara signifikan, penggantian harus segera dilakukan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada sistem rem.

Kondisi cakram depan motor yang dipaksa jalan walau kampas rem habis, penuh lecetKompas.com/Daafa Alhaqqy Kondisi cakram depan motor yang dipaksa jalan walau kampas rem habis, penuh lecet

Wahyu menambahkan bahwa kampas rem yang aus juga dapat dilihat dari indikator visual pada beberapa jenis motor.

"Beberapa motor dilengkapi dengan indikator keausan kampas rem yang bisa dilihat langsung oleh pengendara. Jika indikator tersebut menunjukkan bahwa kampas rem sudah mencapai batas keausan, segeralah lakukan penggantian," ujarnya.

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Depresiasi Harga Mobil Listrik Bekas | Update Harga LCGC Baru per Juli 2024 | Ketahui Masa Pakai Ideal Rack Steer Mobil

Dengan mengenali tanda-tanda keausan pada kampas rem dan melakukan perawatan rutin, pengendara bisa merasa aman bahwa motor mereka selalu dalam kondisi optimal. Keselamatan berkendara tidak hanya bergantung pada keterampilan pengendara, tetapi juga pada kondisi komponen kendaraan, termasuk kampas rem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau