Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Garuda Mas Masih Enggan Pakai Layanan Pramugari

Kompas.com - 29/07/2024, 16:58 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran pramugari kini jadi salah satu layanan yang mewarnai layanan bus AKAP. Bahkan, sejumlah PO punya pelayanan pramugari pada sejumlah kelas bus AKAP untuk menarik minat penumpang.

Biasanya, bus dengan fasilitas premium akan dilengkapi dengan kehadiran pramugari untuk membantu penumpang selama perjalanan. 

Baca juga: Pasang Kaca Film Mobil Sebaiknya Pakai Jasa Profesional

Namun berbeda halnya dengan PO Garuda Mas yang justru tidak ingin menyertakan pramugari. Padahal, secara fasilitas dan jenis bus yang digunakan oleh PO legendaris ini sudah sangat mewah. 

"Saya ini sebenarnya juga masih bingung kenapa banyak orang bertanya ini. Sebab, jujur saja saya masih terpikirkan karena masih berat kalau melibatkan wanita pada dunia seperti ini. Saya itu sangat menghargai wanita, jadi tidak tega," kata Barmawi, pemilik PO Garuda Mas kepada Kompas.com beberapa waktu lalu. 

Kabin bus PO Garuda MasKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Kabin bus PO Garuda Mas

Baca juga: Kompetisi Car Audio 2024 Pakai Regulasi International IASCA

Barmawi juga mengatakan, saat ini PO Garuda Mas sudah punya 80 unit bus untuk menunjang layanan bus AKAP. Dari jumlah tersebut, 6 unit merupakan model bus tingkat atau double decker. 

Adapun layanan yang diberikan oleh bus tingkat dari PO yang identik dengan gambar burung garuda ini adalah kasta tertinggi. Namun pada layanan ini kru yang terlihat dalam layanan semuanya adalah pria bukan pramugari wanita. 

"Kalau saat ini saya masih belum terpikirkan. Mungkin generasi selanjutnya, begitu dikelola oleh anak mungkin akan dia pikirkan. Namun untuk saya tidak mau ke arah sana, sebab bagi saya wanita adalah orang yang diagungkan." katanya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau