Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Mobil Listrik Wuling Binguo EV dengan VinFast VF 5

Kompas.com - 29/07/2024, 15:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pilihan mobil listrik di Indonesia saat ini sudah cukup beragam, mulai dari sport utility vehicle (SUV), multi purpose vehicle (MPV), sedan, hingga city car.

Pada segmen city car misalnya, terdapat dua pilihan mobil listrik yang bisa dipilih yakni Wuling Binguo EV dan VinFast VF 5.

Secara harga dan desain memang cukup berbeda jauh. Tetapi, kedua mobil ini berada di segmen yang sama.

Baca juga: Sopir Bus Cititrans Bocorkan Plus Minus Sistem Kerja Aplusan

Bicara soal dimensi, Binguo EV memiliki panjang 3.950 mm, lebar 1.708 mm dan tinggi 1.580 mm serta wheel base 2.560 mm. Sementara VinFast VF 5 memiliki panjang 3.967 mm, lebar 1.723 mm dan tinggi 1.578 mm dan wheelbase 2.514 mm.

Pada bagian eksterior, Wuling Binguo EV dibekali dengan desain bernuansa retro modern. Ini terlihat dari bentuk lampu yang nyaris membulat dengan pelek water splash model retro.

Sementara VinFast VF 5 tampil lebih sporty dan futuristis berkat dengan V-shaped di bagian depan, serta bumper bawah yang besar.

Wuling BinguoKompas.com/Nanda Wuling Binguo

Kemudian di bagian kaki-kaki, Wuling Binguo EV menggunakan ban berukuran 185/60 R15. Sedangkan VinFast VF 5 dibekali ban dengan profil yang lebih besar yakni 195/60 R16.

Kapasitas baterai nya Binguo EV 31,9 kWh dan 37,9 kWh, dengan jarak tempuhnya 333 Km dan 410 Km. Untuk tenaga mencapai 67 Tk dan torsi 125 Nm.

Adapun mobil listrik dari Vietnam, VinFast VF 5 dibekali kapasitas baterai yang lebih kecil yakni 29,6 kWh, jarak tempuhnya hanya 260 Km. Namun tenaga yang dihasilkan lebih besar yakni 94 Hp dan torsi 135 Nm.


Pada VinFast VF 5 sudah dilengkapi dengan Advanced Driver Assistance System (ADAS). Teknologi tersebut belum disematkan pada Binguo EV.

Baca juga: Dashcam Bisa Berperan Sebagai Black Box Mobil

Keduanya sama-sama sudah dipasarkan secara resmi. Binguo EV ditawarkan mulai dari Rp 317 juta untuk tipe terendah, sementara VinFast VF 5 dijual Rp 218 jutaan (baterai berlangganan) dan Rp 286 jutaan (termasuk baterai).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau