Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Turun Posisi di GP Belanda, Melanggar Aturan Tekanan Ban

Kompas.com - 01/07/2024, 09:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Gresini Racing Marc Marquez mendapat penalti lantaran kedapatan melanggar aturan tekanan ban pada MotoGP Belanda, yang digelar di Sirkuit Assen, Minggu (30/6/2024).

Juara dunia delapan kali itu dijatuhi penalti tekanan ban, sebanyak 16 detik, dan membuatnya kehilangan posisi lima besar di GP Belanda.

Sebagai informasi, pada MotoGP 2024 aturan soal tekanan ban motor adalah 1,80 bar. Berbeda dari peraturan MotoGP 2023 yang menetapkan tekanan ban lebih tinggi yakni 1.88 bar. Tekanan ban tersebut harus tetap berada di ambang batas, minimal 60 persen dari durasi balapan utama.

Baca juga: Dominasi Bagnaia di Assen, Ini Catatan Rekornya

Marquez dinyatakan menggunakan tekanan ban depan lebih rendah dari parameter yang disarankan oleh pemasok resmi, dan FIM pun menerapkan hukuman standar selama 16 detik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

“Kami harus mengatur banyak hal hari ini selama balapan. Salah satunya adalah tekanan ban depan. Sayangnya, kami harus menambah satu lap lagi untuk mencapai batas waktu yang ditentukan, jadi kami mendapat penalti 16 detik. Dari P4 ke P10,” tulis Marquez melalui akun media sosial pribadinya.

Sebelumnya, Marquez finis di posisi keempat usai melewati pertarungan sengit dengan Enea Bastianini, Fabio Di Giannantonio dan Maverick Vinales. Namun, penalti pasca-balapan membuat pebalap asal Spanyol itu harus turun ke posisi 10.

Baca juga: Klasemen MotoGP Usai GP Belanda 2024, Bagnaia Tempel Ketat Martin

Dengan begitu, Marquez yang seharusnya mengumpulkan 13 poin, kini harus kehilangan 7 poin karena penalti tersebut. The Baby Alien hanya mengantongi enam poin di MotoGP Belanda.

Kendati demikian, rider berusia 31 tahun itu tetap bertahan di posisi ketiga klasemen sementara MotoGP dengan raihan 142 poin. Angka itu terpaut cukup jauh dari Jorge Martin yang berada di puncak klasemen dengan perolehan 200 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com