Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Selesaikan Uji Laik Fungsi

Kompas.com - 02/07/2024, 17:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Nagrak-Cibitung, telah diselesaikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol PT Cimanggis Cibitung Tollways. Bahkan Uji Laik Fungsi (ULF) juga telah dilakukan.

Uji Laik Fungsi Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Nagrak-Cibitung, merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang dilakukan pada 11 - 14 Juni 2024, dan menjadi rangkaian terakhir sebelum nantinya dioperasikan.

Adapun ULF dilakukan guna memastikan semua spesifikasi teknis persyaratan maupun perlengkapan jalan yang ada di ruas jalan tol, telah sesuai standar manajemen dan keselamatan lalu lintas terpenuhi dengan baik.

Baca juga: Cek Harga LCGC per Juli 2024, Siapa Paling Murah?

Dalam keterangan resmi Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), dijelaskan bila usai rangkaian ULF dilakukan, kemudian akan dilakukan perbaikan atas hasil pemeriksaan.

Selanjutnya, akan dikeluarkan sertifikat laik fungsi dari Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, dan Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR. Dengan demikian jalan tol tersebut dapat dioperasikan sesuai masa pengoperasiannya oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Baca juga: Uji Coba Biskita Trans Depok, Rute Terminal Margonda-LRT Harjamukti

Jalan Tol Cimanggis -Cibitung menjadi akses penghubung wilayah Cibubur ke Jalan Tol Jagorawi, kemudian semakin menambah kapasitas jalan yang melintasi empat wilayah yaitu, Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi.

Konstruksi Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Cikeas-Junction Cibitung yang merupakan bagian dari Jalan Tol JORR 2.Dok. BPJT Konstruksi Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Cikeas-Junction Cibitung yang merupakan bagian dari Jalan Tol JORR 2.

Ketika beroperasi penuh, nantinya akan tersambung dengan jaringan Jalan Tol JORR 2 lainnya yakni, Jalan Tol Cengkareng-Kunciran, Kunciran-Serpong, Serpong-Cinere, Cinere-Jagorawi, dan Cibitung-Cilincing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com