Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rapor Astra Financial Kuartal I 2024

Kompas.com - 01/07/2024, 09:52 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuartal pertama 2024, Astra Financial mencatatkan peningkatan laba bersih sebesar 12 persen dengan nilai Rp 2,1 Triliun di 2024 dan Rp 1,8 Triliun di 2023. Peningkatan ini didukung oleh pengelolaan portfolio yang baik di sektor pembiayaan otomotif, komersial, retail dan asuransi.

Berdasarkan data kuartal 1 2024, Astra Financial mengelola aset sebesar Rp 192,6 triliun dengan didukung oleh lebih dari 22 ribu karyawan dengan 912 cabang, serta mengelola 31,2 juta pelanggan di seluruh Indonesia.

Direktur Astra sekaligus Director-in-Charge Astra Financial 1, Suparno Djasmin mengatakan, sesuai dengan visi Astra Financial untuk menjadi penyedia jasa keuangan ritel yang terdepan, perusahaan ini terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen yang didukung oleh integrasi berbagai layanan dalam ekosistem Astra.

Baca juga: Asuransi Mobil Listrik Bakal Punya Tarif dan Ketentuan Berbeda

“Astra Financial secara bertahap terus melakukan optimalisasi ekosistem layanan keuangan digital untuk memberikan kemudahan akses, kenyamanan dan keamanan dengan memperhatikan prinsip kehati-hatian,” kata Suparno di Jakarta belum lama ini.

Astra Financial memimpin market pembiayaan (roda dua, roda empat dan alat berat)
dengan mencatatkan market share sebesar 26 persen. Dari sisi nilai pembiayaan roda dua dan roda empat (FIFGROUP, ACC dan TAF) pada kuartal pertama tahun 2024, telah menyalurkan Rp 33,3 triliun, meningkat 8,1 persen dibandingkan dengan periode yang sama di 2023.

Untuk pembiayaan alat berat (SANF dan KAF) menyalurkan Rp 3,3 triliun, meningkat 4,4 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

CSR

Astra Financial di GIIAS 2023Kompas.com/Daafa Alhaqqy Astra Financial di GIIAS 2023

Selain itu, Astra Financial mengadakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan menginisiasi Sekolah Literasi dan Inklusi Keuangan di SMKN 4 Padalarang, Jawa Barat.

Kegiatan yang merupakan wujud dukungan Astra Financial pada Program Literasi dan Inklusi Keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini dihadiri dan dibuka oleh Imansyah (Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat), Drs. Edi Purwanto, M.M (Kabid PSMK Dinas Pendidikan Jawa Barat), H. Engkus Kusnadi, S.Pd., M.M.Pd. (Kepala Sekolah SMKN 4 Padalarang), serta Hugeng Gozali (Direktur Astra Financial) bersama CEO serta Direktur 6 Unit Bisnis Astra Financial.

Program Sekolah Literasi dan Inklusi Keuangan di SMKN 4 Padalarang dirancang secara khusus untuk dapat meningkatkan literasi keuangan siswa, serta menyediakan dukungan infrastruktur melalui Pojok Literasi Keuangan di perpustakaan sekolah.

Program ini didukung oleh 6 unit bisnis Astra Financial yaitu: FIFGROUP, Astra Credit Companies (ACC), Asuransi Astra, Astra Life, AstraPay dan Bank Jasa Jakarta (BJJ).
“Astra Financial berkomitmen penuh mendukung pilar Pendidikan dalam Aspirasi

Keberlanjutan Astra 2030. Oleh karenanya, bersama OJK dan Dinas Pendidikan Jawa Barat, kami sangat mengapresiasi program literasi dan inklusi keuangan keberlanjutan ini bersama unit bisnisnya yang telah membantu SMKN 4 Padalarang, Jawa Barat,” ujar Direktur ESG Astra Financial, Hugeng Gozali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com