Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Nyetir Hyundai Palisade Signature AWD Dalam dan Luar Kota

Kompas.com - 27/06/2024, 18:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Palisade merupakan SUV yang dimensinya cukup bongsor. Panjangnya nyaris lima meter dan lebarnya hampir dua meter, tergolong besar buat jalanan di Indonesia.

Kompas.com dapat kesempatan buat mengetes Palisade varian Signature yang All Wheel Drive (AWD) dalam beberapa hari. Penguji mengemudikan mobilnya hampir setiap hari melalui jalanan perkotaan yang padat, tol, sampai ke daerah Sukabumi, Jawa Barat.

Saat masuk kabin, posisi mengemudi sangat leluasa untuk disetel. Pengaturan jok sudah elektris dan setir juga bisa teleskopik dan tilt, jadi menemukan postur yang pas sangat mudah.

Baca juga: Spesifikasi Hyundai Palisade Signature AWD, Harga Rp 1,187 Miliar

Ketika duduk, dimensi Palisade terasa tidak terlalu besar karena pandangan pengemudi lega ke berbagai arah. Kaca depan besar, pilar A juga tidak menghalangi, serta kaca belakang lega.

Buat performa, Palisade memakai mesin 2.199cc empat silinder diesel dengan turbo. Tenaganya tembus 198 TK Di 3.800 RPM dan torsi 440 Nm di 1.750 RPM sampai 2.750 RPM.

Memang di atas kertas, tenaga dan torsinya sangat mumpuni. Perpaduan performa dengan transmisi otomatis delapan percepatannya ternyata sangat halus saat digunakan di perkotaan, tidak menyentak, nyaman.

Baca juga: Begini Cara Isi Air Radiator Saat Mobil Mengalami Overheat

Hyundai Palisade Signature AWDKOMPAS.com/ADITYO Hyundai Palisade Signature AWD

Kemudian pengemudi juga dimudahkan dengan adanya Blind Spot View Monitor, di mana akan ditampilkan gambar dari kamera di spion saat sein kanan atau kiri. Jadi terhindar senggolan saat manuver di kecepatan rendah, mengingat mobilnya panjang.

Begitu juga buat parkir, sudah ada kamera 360 derajat. Jadi bisa dicek dari berbagai sisi lewat layar hiburan di tengah dasbor, menghindari senggolan dengan mobil lain bahkan saat lewat jalanan sempit.

Tersedia berbagai mode berkendara, dari Eco, Comfort, Sport, dan Smart. Buat tes kali ini, penguji biarkan mode berkendara di posisi Smart, jadi biar komputer yang membaca cara mengemudi dan menyesuaikan.

Hyundai Palisade Signature AWDKOMPAS.com/ADITYO Hyundai Palisade Signature AWD
 

Hasilnya saat dibawa santai, Palisade tetap nyaman. Begitu juga saat pedal gas diinjak agresif di tol, karakter Palisade ikut berubah, ganti gigi di putaran lebih tinggi. Jadi cukup biarkan mode di Smart, biar mobil yang menyesuaikan.

Buat dipakai di jalan tol, Palisade sangat mumpuni. Tenaganya yang 148 TK disalurkan dengan mulus ke semua roda. Bahkan ketika di kecepatan tinggi, mobil tidak terlalu limbung, jadi stabil buat jalan tol.

Belum lagi ada fitur Hyundai Smart Sense seperti Adaptive Cruise Control yang bisa stop & go, serta ada Lane Following Assist. Kedua fitur tadi sangat berguna buat perjalanan yang panjang di tol, membantu pengemudi lebih fokus ke jalan.

Terakhir saat penguji bawa ke daerah Sukabumi, melewati beberapa jalan yang rusak. Suspensi dari Palisade bisa meredam jalanan dengan baik, mobil tidak berguncang terlalu keras, jadi masih relatif nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com