Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Masuk 10 Besar Kota Termacet di Dunia, Ini Daftarnya

Kompas.com - 27/06/2024, 14:52 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta masuk sepuluh besar kota termacet di dunia dengan rata-rata tingkat keterlambatan perjalanan per-tahunnya mencapai 65 jam.

Posisi tersebut tepat di bawah Los Angeles dan Boston di Amerika Serikat, serta Cape Town di Afrika Selatan.

Demikian data yang dirilis INRIX, perusahaan pelopor praktik pengelolaan lalu lintas dengan menganalisis data dari sensor jalan raya dan kendaraan bernama Global Traffic Scorecard 2023.

Baca juga: Tutup Divisi Bus AKAP, PO Sindoro Satriamas Jual Bus

Ilustrasi kemacetan jalanan Jakarta.KOMPAS/PRIYOMBODO Ilustrasi kemacetan jalanan Jakarta.

INRIX menyediakan data berbasis lokasi dan analitik perangkat lunak sebagai layanan-seperti kondisi lalu lintas real-time dan historis, keselamatan jalan raya, dan ketersediaan tempat parkir-kepada produsen atau perusahaan.

"Scorecard ini menggunakan pola perjalanan terkini pasca-COVID untuk benar-benar menganalisis dan membandingkan perbedaan perjalanan pulang pergi di lebih dari 900 kota di seluruh dunia," tulis INRIX dalam laporannya dikutip Kamis (27/6/2024).

Dalam data itu, kota-kota besar di dunia seperti New York, Mexico City, London, Paris, dan Chicago adalah lima wilayah perkotaan paling macet di dunia dengan kehilangan waktu 101 jam sampai 97 jam.

Sementara Indonesia menempati urutan ke-10 sebagai kota dengan dampak kemacetan terparah di dunia pada 2023, lebih buruk ketimbang 2022 yang berada di urutan ke-16.

Tingkat keterlambatan pengemudi di Jakarta karena kemacetan mencapai 65 jam dengan kecepatan 20,92 kilometer per jam sepanjang 2023 menurut laporan tersebut.

Di kawasan Asia, kemacetan Jakarta hanya kalah dari kota Istanbul. Kota di Turkiye ini menempati urutan ke-6 untuk urusan keterlambatan karena macet.

Baca juga: Cuaca Panas Tingkatkan Risiko Pecah Ban

#--Suasana arus lalu lintas puncak mudik balik, di simpang empat Bendorjeo Kecamatan Pogalan Trenggalek Jawa Timur, Minggu (14/04/2024)---#SLAMET WIDODO #--Suasana arus lalu lintas puncak mudik balik, di simpang empat Bendorjeo Kecamatan Pogalan Trenggalek Jawa Timur, Minggu (14/04/2024)---#

Keterlambatan pengemudi pada 2023 mencapai 91 jam dengan kecepatan 20,92 kilometer per jam.

Berikut 10 kota termacet di dunia pada 2023 versi INRIX:

1. New York, Amerika Serikat
2. Mexico City, Mexico
3. London, Inggris
4. Paris, Perancis
5. Chicago, Amerika Serikat
6. Istanbul, Turkiye
7. Los Angeles, Amerika Serikat
8. Boston, Amerika Serikat
9. Cape Town, Afrika Selatan
10. Jakarta, Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com