Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Pakai Fitur YECVT di Nmax Turbo

Kompas.com - 27/06/2024, 15:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Kehadiran teknologi YECVT (Yamaha Electronic Continous Variable Transmission) pada Nmax Turbo memiliki dua fitur unggulan yang bisa meningkatkan performa berkendara.

Fitur yang pertama adalah Riding Mode dengan dua pilihan berkendara, yaitu T-Mode dan juga S-Mode.

Lalu fitur yang kedua adalah Y-Shift, yang mampu membantu pengendara mendapatkan akselerasi ataupun deselerasi secara lebih cepat dalam 3 tingkatan (1-low, 2-medium, 3-high).

Baca juga: Tutup Divisi Bus AKAP, PO Sindoro Satriamas Jual Bus

Saklar kiri Yamaha NMAX TurboKOMPAS.com/ADITYO WISNU Saklar kiri Yamaha NMAX Turbo

“Sejak pertama kali diluncurkan di awal bulan Juni, antusiasme dan rasa penasaran publik terhadap teknologi baru yang ada pada Nmax “Turbo” memang sangat tinggi,” ujar Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing – Public Relation, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg di Sentul, Bogor (27/6/2024).

“Melalui kegiatan ini harapannya awak media bisa langsung menjajal fitur-fitur unggulan yang mampu meningkatkan performa berkendara secara lebih optimal, mulai dari Riding Mode, Y-Shift hingga handling serta kenyamanan berkendara yang dimiliki motor,” kata dia.

Sebagai informasi, fitur Riding Mode Nmax “Turbo” memiliki dua pilihan berkendara, yaitu T-Mode dan juga S-Mode yang dapat dioperasikan dengan menekan tombol Mode yang terletak pada bagian depan stang kemudi kiri.

Baca juga: Honda BR-V N7X Edition Tampil Ganteng Pakai Air Suspension

T-Mode sendiri memiliki karakter berkendara yang lebih smooth, sementara S-Mode membuat feeling akselerasi berkendara menjadi lebih agresif.

Adapun ketika pengguna memindahkan mode dari T ke S saat sedang berkendara konstan, maka rpm motor akan naik 500-1.000 rpm.

Sementara itu, tombol Y-Shift dapat digunakan oleh pengendara untuk melakukan akselerasi ataupun deselerasi secara lebih cepat, dengan menekan tombol Shift yang terletak pada bagian bawah setang kemudi kiri.

Baca juga: Ramai Rental Mobil Blacklist Calon Konsumen dari Pati, Ini Kata TRAC

Tampilan blok CVT pada Nmax TurboKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Tampilan blok CVT pada Nmax Turbo

Berikut ini cara pengoperasian fitur untuk mendapatkan akselerasi dan deselerasi yang optimal:

Akselerasi

A. Posisi Standing Acceleration atau 0 km saat start

1. Opsi 1: Membuka gas secara cepat untuk auto shift ke 1. Kemudian dilanjut dengan melakukan shift 2 – 3 kali secara manual dan cepat (rpm kurang lebih akan mencapai angka 7.000). Catatan: Hindari jeda terlalu lama saat melakukan shift 1 – 3, karena jika rpm sudah tinggi, feeling akselerasi instan tidak terasa.

2. Opsi 2: Membuka gas secara konstan, kemudian tekan tombol shift 1 kali, lalu buka gas secara cepat untuk auto shift ke 2 dan dilanjut menekan tombol shift secara manual dengan cepat untuk shift ke 3.

3. Jika dengan menekan tombol shift akselerasi dirasa masih kurang, pengendara bisa merubah mode berkendara dari T ke S.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com