Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal Ini yang Banyak Ditanyakan Calon Konsumen Honda EM1 e:

Kompas.com - 27/05/2024, 12:42 WIB
Stanly Ravel

Editor

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Meski peredaran sepeda motor listrik mulai marak dengan beragam merek yang masuk ke Tanah Air, tak sedikit masyarakat yang masih menyimpan pertanyaan seputar hal-hal teknis.

Salah satunya terkait masalah baterai. Banyak calon konsumen yang melontarkan pertanyaan terkait masalah durabilitas dan juga masa pakai, serta bagaimana bila menghadapi masalah saat pengunaannya.

Kondisi tersebut cukup wajar, mengingat baterai menjadi komponen utama pada kendaraan listrik, termasuk untuk motor listrik keluaran Astra Honda Motor (AHM), yakni EM1 e:.

Baca juga: Perlukah Menggunakan Rem Tangan Saat Berhenti di Lampu Merah?

Danang Priyo Kumoro, Techincal Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta menjelaskan, memang banyak pertanyaan dari konsumen atau masyarakat yang menyinggung soal masalah baterai, terutama pada EM1 e:.

 Fasilitas fast track pada area servis khusus motor listrik HondaKOMPAS.com/STANLY RAVEL Fasilitas fast track pada area servis khusus motor listrik Honda

"Kebanyakan konsumen itu menanyakan durability dan lifetime baterai, seperti berapa lama kekuatan baterainya. Kalau kami mengikuti kebijakan dari AHM, kan sudah ada garansi jadi kami ikuti dari itu saja," kata Danang, di Yogyakarta, Sabtu (25/5/2024).

Selain itu, tak sedikit juga konsumen yang menanyakan soal faktor keamanan baterai pada motor listrik Honda.

Contoh, bagaimana kalau baterai terkena air, cara mencuci, perawatan, serta bila terjadi musibah seperti terendam banjir.

Baca juga: Jurus Honda Manjakan Konsumen Motor Listrik EM1 e:

Motor listrik Honda EM1 e: saat melewati genangan air.KOMPAS.com/ADITYO WISNU PRABOWO Motor listrik Honda EM1 e: saat melewati genangan air.
Motor Listrik Honda EM1 e:AHHM Motor Listrik Honda EM1 e:

Danang menjelaskan, pada dasarnya untuk produk Honda secara detail sudah ada cara-cara penanganan teknis untuk menghadapi kondisi-kondisi tersebut dari para teknisi khusus.

Konsumen EM1 e: sendiri juga sudah mendapat edukasi lengkap bersama buku panduan kepemilikan yang juga menerangkan hal-hal apa saja yang harus dilakukan ketika motor listriknya mengalami masalah.

"Bila sampai terendam, motor itu sudah tidak boleh dihidupkan sama sekali. Untuk recovery dalam kondisi tersebut, ada beberapa bagian vital seperti ECU, baterai litium, dan kabel tegangan tinggi, ketiganya harus benar-benar kering dan dipastikan langsung oleh teknisi dari bengkel Honda yang ditunjuk," ucapnya.

Baca juga: Klasemen MotoGP Setelah Catalunya, Jorge Martin Masih di Puncak

Honda EM1 e: menggunakan baterai dengan kapasitas 29,4 Ah 50,26 V atau sekitar 1,4 kWh dengan standar proteksi IP65 yang diklaim tahan debu dan air bertekanan.

Motor listrik Honda EM1 e: saat melewati genangan air.KOMPAS.com/ADITYO WISNU PRABOWO Motor listrik Honda EM1 e: saat melewati genangan air.

Bagi konsumen EM1 e: di Yogyakarta, Danang mengatakan, tak perlu khawatir bila mengalami kendala karena saat ini sudah ada 59 e: Shop yang dalam waktu dekat akan bertambah menjadi 78 e: Shop pada tahun ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com