Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Tampilkan Skytop Konsep di Concours d'Elegance

Kompas.com - 26/05/2024, 18:02 WIB
Gilang Satria,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

Sumber Motor1.com

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW merupakan salah satu pabrikan yang rajin ikut Concours d'Elegance, ajang prestisius untuk mobil klasik dan vintage yang digelar di Danau Como di Italia sejak 2011.

Tahun ini, dalam ajang tersebut BMW memperkenalkan mobil konsep bernama BMW Skytop Concept, yaitu coupe dua tempat duduk tanpa atap.

Dari bagian eksterior, Skytop Concept terinspirasi dari BMW Z8. Lampu belakang tipis dan ujung depan sharknose merupakan desain roadster BMW awal tahun 2000-an.

Baca juga: Cara Cek Kelaikan Bus via Aplikasi Mitra Darat

BMW Skytop ConceptFoto: Motor1 BMW Skytop Concept

Jika ditelurusi lebih dalam, desain kap mesin, lampu depan kecil, dan bagian belakang bertingkat datar yang unik mengingatkan pada BMW akhir 1950-an.

“BMW Concept Skytop adalah desain yang benar-benar unik dan eksotis, sesuai tradisi Concorso d’Eleganza Villa d’Este,” kata Adrian van Hooydonk, kepala BMW Group Design dilansir dari Motor1, Minggu (25/5/2024).

Baca juga: Tesla Enggan Investasi di Indonesia karena Banyak Mobil China, Ini Kata Neta

“Ini menawarkan kombinasi dinamika berkendara dan keanggunan pada tingkat tertinggi, sebanding dengan nenek moyang bersejarahnya, seperti BMW Z8 atau BMW 503,” ujarnya.

Meski eksteriornya terinspirasi mobil “jadul”, namun proporsinya serupa dengan Seri 8, yang mana mobil akan menggunakan mesin V-8 4,4 liter berkekuatan 617 Tk M8 Competition.

BMW Skytop ConceptFoto: Motor1 BMW Skytop Concept

Baca juga: Ini Trik Aleix Espargaro Bisa Menang di Sprint Race MotoGP Catalunya

BMW tidak memberikan spesifikasi teknis atau performa lainnya, sehingga disinyalir Skytop juga menggunakan transmisi otomatis 8-percepatan M8 Competition dan sistem penggerak semua roda.

Desain kabin juga mengambil dari Seri 8, termasuk cluster pengukur digital, layar infotainment, tumpukan tengah, dan pemilih gigi. Meskipun jok dan setir berbalut kulit terlihat cantik, ini menggunakan basis mobil produksi massal.

Hal menarik dari Skytop Concept ialah menggunakan roll bar unik di belakang jok. Lalu di sisi lain, Skytop kemungkinan hanya konsep dan tak masuk jalur produksi sebab BMW sudah punya Seri 8 coupe dan convertible.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com