Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Aksi Pencurian Saat Isi BBM di SPBU

Kompas.com - 26/05/2024, 13:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi pencurian bisa terjadi kapan  dan di mana saja, tak terkecuali ketika pengendara mobil sedang melakukan pengisian bahan bakar.

Salah satu kejadiannya diunggah akun Instagram @radar_cianjur. Dalam tayangan terlihat pencuri mengambil barang dari dalam mobil sport utility vehicle (SUV) berwarna hitam.

Tanpa sadar, gerak-geriknya sudah dipantau seorang berbaju hitam yang sudah lebih dulu hadir di SPBU tersebut. Pemilik mobil keluar dari kendaraan dan segera menemui operator BBM.

Baca juga: Nyaman dengan Handal, Neta Belum Terpikir Bikin Pabrik Sendiri

Dengan cepat pencuri yang sudah memperhatikan, segera mengambil barang di dalam mobil, dan melarikan diri bersama rekannya yang menunggu di atas motor.

Belajar dari kejadian ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, disarankan pemilik mobil saat turun mengisi bahan bakar tetap memperhatikan kondisi sekitar. 

"Di luar negeri isi bensin sudah mandiri, tetapi kebiasaan mereka selalu mengunci pintu saat keluar kabin demi pengamanan," ucap Sony, kepada Kompas.com, Minggu (26/5/2024).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Radar Cianjur (@radar_cianjur)

Sedangkan di Indonesia, lanjut Sony, masih banyak tidak sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) saat mengisi bahan bakar. Hal ini yang akhirnya menjadi faktor kebiasaan.

"Keluar kabin tapi tidak mengunci pintu atau menaruh barang asal-asalan. Kemudian biasakan selalu mengontrol kondisi sekitar. Karena harusnya SPBU itu clear area, tidak boleh ada orang yang lalu lalang di sekitar, bukan menuduh tapi jika ada segera waspadai," kata Sony.

Baca juga: Pengguna Jalan Tol Wajib Daftarkan Kendaraannya di Aplikasi Cantas

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengimbau, pemilik kendaraan jangan sekali-kali meninggalkan mobil dalam keadaan tidak terkunci, walau hanya sebentar. Pasalnya tindak kejahatan terjadi karena ada kesempatan.

Perbandingan harga BBM di SPBU Pertamina, Shell, Vivo, dan BP AKR per 1 Maret 2024dok.BP-AKR Perbandingan harga BBM di SPBU Pertamina, Shell, Vivo, dan BP AKR per 1 Maret 2024

“Agar bisa terhindar dari kejahatan seperti di video, selalu pastikan saat keluar kendaraan wajib untuk mengunci pintu kendaraan,” ucap Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com