Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Awal Coba Vinfast VF e34, Torsinya Berasa

Kompas.com - 24/05/2024, 10:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – VF e34 jadi model pertama Vinfast yang masuk pasar Indonesia. Dijual dengan harga resmi Rp 315 juta OTR Jakarta, bagaimana impresi berkendara mobil ini?

Saat dijajal Kompas.com di fasilitas tertutup milik Vinfast di Hai Phong, Vietnam, pada pekan lalu, mobil listrik ini menawarkan rasa mengemudi yang cukup berkualitas.

Dibandingkan model VF 5 yang diprediksi dijual lebih murah, Vinfast VF e34 memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik.

Baca juga: Sering Melakukan Engine Brake Bisa Merusak Transmisi Matik

Vinfast VF e34KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Vinfast VF e34

Dari sisi eksterior, VF e34 terlihat tegas dengan garis-garis desain seperti mobil Eropa. Tampaknya tidak salah Vinfast menggandeng Pininfarina dalam merancang mobil ini.

Sementara di interior, kualitas yang disajikan juga jauh lebih baik ketimbang VF 5, meski masih didominasi dengan bahan plastik.

Begitu juga dari sisi performa, dengan bekal motor listrik bertenaga 110 kW atau sekitar 147 Tk dan torsi 242 Nm. Penyaluran tenaganya cukup halus, tapi akselerasi mobil cukup terasa.

Baca juga: Benda Luncurkan LFC 700, Motor Cruiser Empat Silinder dengan Ban Tebal

Dasbor Vinfast VF e34KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Dasbor Vinfast VF e34

Tidak sulit bagi mobil ini untuk menyentuh kecepatan 100 Kpj dalam hitungan detik. Bahkan kecepatan maksimal 130 Kpj dapat diraih dengan mudah.

Mobil ini punya mode berkendara Eco, Normal, dan Sport yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengendara.

Respons pedal gas juga terasa lebih baik dan sudah menyerupai mobil listrik kebanyakan, ketimbang VF 5 yang rasanya seperti 'ditahan'.

Baca juga: TVS iQube Model Baru Meluncur, Jarak Tempuh Mencapai 140 Km

Jok baris depan Vinfast VF e34KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Jok baris depan Vinfast VF e34

Saat melaju di area yang tertutup, VF e34 terasa kedap suara. Samar-samar road noise muncul dari bawah ketika mobil telah melewati kecepatan 60 Kpj.

Posisi duduk juga cukup akomodatif buat pengendara setinggi 163 Cm. Terlebih mobil listrik ini punya pengaturan tilt dan telescopic steering.

Satu hal menarik, setir terasa agak kecil dari mobil kebanyakan. Kemudian terdapat kamera 360 dengan tampilan gambar yang jernih.

Dengan keunggulan tersebut, tampaknya VF e34 bakal praktis digunakan buat bermanuver di perkotaan. Dan pastinya bakal jadi pesaing serius buat SUV listrik yang dijual di rentang Rp 300 juta sampai Rp 400 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com