Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Lengkap Kia EV3 yang Baru Meluncur

Kompas.com - 24/05/2024, 09:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kia resmi meluncurkan sport utility vehicle (SUV) listrik dengan dimensi ringkas, yakni EV3, pada Kamis (24/5/2024). Mobil ini akan segera dijual pertama kali untuk pasar Korea Selatan pada Juli 2024, dilanjutkan dengan Eropa dan Asia.

Kia EV3 hadir dengan desain yang futuristis dan juga teknologi canggih yang berfokus untuk kenyamanan para pelanggannya.

“Dengan menyediakan desain yang inovatif, tenaga listrik yang terdepan, dan solusi gaya hidup yang praktis, EV3 bertujuan untuk memperluas pengalaman SUV EV Kia yang luar biasa ke khalayak yang lebih luas,” ucap Ho Sung Song, Presiden dan CEO Kia.

Baca juga: Promo Beli Mobil Baru Dapat Potongan Rp 2,5 Juta

Bicara soal dimensi, EV3 memiliki panjang 4.300 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.560 mm, serta jarak sumbu roda 2.680mm.

Kia EV3Kia Kia EV3

Desain eksterior Kia EV3 mengusung desain tiger face yang ikonik dari Kia. Menggabungkan konsep pencahayaan LED DRL khas star map yang disusun secara vertikal, membuat tampilan mobil ini semakin terlihat modern.

Berlanjut ke bagian samping, garis bodi yang halus dipadukan dengan atap yang panjang dan melandai. Terlihat lebih ramping jika dibandingkan pendahulunya Kia EV9.

Sementara di buritan, desain lampu geometris dibuat menyatu dengan kaca belakang. Bentuknya cukup kekar berkat bumper yang tebal di bagian bawah.

Masuk ke bagian interior, EV3 menawarkan kabin yang luas yang dapat menampung lima orang dengan nyaman. Konsol tengah nampak begitu elegan dilengkapi dengan meja geser dan area penyimpanan.

Terdapat layar ganda hampir berukuran 30 inci, termasuk layar cluster instrument berukuran 12,3 inci. Layar ini juga memanjang ke bagian tengah dasbor, memberikan penumpang di kursi depan akses ke fitur hiburan dan navigasi.

Baca juga: Beli Kia EV9 GT-Line via Kredit, Cicilan mulai Rp 33 Jutaan

Kia EV3Kia Kia EV3

Seperti halnya seperti mobil Kia lainnya, EV3 menggabungkan berbagai item berkelanjutan. Kain daur ulang diaplikasikan pada dasbor dan trim pintu untuk menciptakan suasana yang seperti di rumah.

Polietilen tereftalat (PET), yang merupakan salah satu plastik yang paling mudah didaur ulang di dunia, terdapat di berbagai area interior, termasuk kursi, sandaran kepala, sandaran tangan pintu, hiasan, alas lantai, dan papan bagasi.

Bicara soal jantung pacu, model EV3 Standard menawarkan baterai berkapasitas 58,3kWh, sedangkan EV3 Long Range dilengkapi dengan baterai 81,4kWh. Kedua model ini menggunakan motor listrik 150 kW dengan torsi 283 Nm.

Dengan tenaga tersebut memungkinkan akselerasi 0-100km per jam dengan waktu 7,5 detik. Kecepatan maksimum EV3 adalah 170 km per jam.

Baca juga: Hitung Pajak Tahunan SUV Listrik Kia EV9 GT-Line

Sedangkan untuk pengisian daya kendaraan, Kia mengklaim mobil ini hanya membutuhkan waktu sekitar 31 menit untuk mengisi baterai dari 10-80 persen.

Kia EV3Kia Kia EV3

Kia juga telah melengkapi EV3 dengan serangkaian fitur keselamatan. Teknologi Advanced Driving Assistance Systems (ADAS) diantaranya Forward Collision-Avoidance Assist, Lane Keeping Assist, Highway Driving Assist, and Reverse Parking Collision-Avoidance Assist.

Mobil listrik terbaru Kia ini akan dijual dengan harga 35.000 USD atau Rp 562 juta, hingga 50.000 USD atau Rp 800 juta.

Baca juga: Kia EV3 Meluncur, Harga mulai Rp 500 Jutaan

“Target harga untuk EV3 adalah antara 35.000 USD hingga 50.000 USD. Kami masih mengusahakan agar dapat mencapai kisaran harga ini wilayah di seluruh dunia. Ini adalah harga yang sebenarnya. Setiap wilayah bisa berbeda, tetapi kami menargetkan kisaran harga ini,” kata Song.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com