Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vinfast VF e34 Siap Dikirim ke Konsumen Kuartal II-2024

Kompas.com - 19/05/2024, 15:22 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Vinfast VF e34 telah meluncur dan dibanderol dengan harga Rp 315 juta OTR Jakarta. Mobil ini diperkirakan bakal jadi pesaing mobil listrik seperti MG ZS, MG 4 EV, BYD Dolphin, hingga GWM Ora 03.

Meski begitu, sejak meluncur di pameran IIMS 2024, mobil ini masih jarang terlihat di jalan. Lantas, kapan Vinfast VF e34 mulai dikirim ke konsumen?

“Kami memiliki target pengiriman e34 pada kuartal kedua ini,” ujar Temmy Wiradjaja, CEO VinFast Indonesia di Vietnam (16/5/2024).

Baca juga: Risiko Melajukan Mobil Matik Tanpa Memanaskan Mesin Dulu

Ilustrasi pabrik mobil listrik Vinfast di Vietnam.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi pabrik mobil listrik Vinfast di Vietnam.
Ilustrasi pabrik mobil listrik Vinfast di Vietnam.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi pabrik mobil listrik Vinfast di Vietnam.

Artinya, kemungkinan mobil ini sampai ke tangan konsumen pada rentang April-Juni 2024, atau tersisa sekitar satu bulan lagi.

Secara dimensi, Vinfast VF e34 menawarkan akomodasi yang cukup lapang di dalam kabin. Dimensi panjangnya 4.300 mm, lebar 1.768 mm dan tinggi 1.615 mm. Adapun jarak sumbu roda 2.611 mm serta ground clearance 180 mm.

Urusan dapur pacu, terdapat motor listrik dengan tenaga 110 kW atau sekitar 147 Tk dan torsi 242 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan lewat mode berkendara Eco, Comfort dan Sport.

Baca juga: Ini Tampang Vespa Klasik Banderol Rp 750 Juta, Barangnya Ada di Medan

Sementara itu, Vinfast mengklaim mobil ini mampu melesat sampai kecepatan tertinggi 130 Kpj. Adapun akselerasi dari posisi nol ke 100 Kpj hanya dalam 9 detik.

Sedangkan catu daya mengandalkan tipe LFP berkapasitas 41,9 kWh. Berdasarkan pengujian NEDC didapatkan daya jelajahnya 318,6 km dalam sekali pengisian baterai.

Baterai pun mendukung pengisian daya standar dan cepat. Adapun untuk fast charging membutuhkan 27 menit untuk mengisi dari 10 persen ke 70 persen.

Baca juga: Cara Engine Brake Mobil Matik Saat Lewati Turunan

Vinfast VF e34KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Vinfast VF e34

Bicara soal fitur, kelengkapan perangkat keselamatan VF e34 terbilang memadai. Sudah ada Advanced Driving Assistance System (ADAS) terdiri dari Adaptive Cruise Control, Collision Warning, Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Detection dan Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Lalu, terdapat 6 airbag, Door Open Warning, Rear Park Assist, Rear View Camera dan 360 Surround View Monitoring.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com