Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wujud Yamaha MT-07 Rakitan Indonesia untuk Pasar Global

Kompas.com - 21/05/2024, 16:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha MT-07 tampak gagah saat dikendarai oleh perwakilan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) saat acara pelepasan solo riding ke Berlin di Borobudur, Senin (20/5/2024).

MT-07 cukup menarik perhatian terlepas MT-09 menjadi pusat perhatian selaku motor yang akan dipakai solo riding oleh Gus Paox Iben dari Borobudur sampai Berlin.

Secara tampilan, MT-07 tampak elegan dan gagah dengan dominasi warna hitam serta lampu LED projectornya. Lampu ini dapat meningkatkan visibilitas dengan pencahayaan maksimal (low beam dan high beam menyatu), dilengkapi dengan DRL dan sein LED.

Baca juga: Spesifikasi Yamaha MT-09 yang Dipakai Solo Riding ke Berlin

Yamaha MT-07 ikut ramaikan pelepasan solo riding Borobudur ke BerlinKompas.com/Erwin Setiawan Yamaha MT-07 ikut ramaikan pelepasan solo riding Borobudur ke Berlin

Desain modern MT-07 juga tampak dari digital LCD speedometer dengan negatif display yang mudah terlihat di segala kondisi.

Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang pada momen tersebut berkesempatan mencoba performa MT-07 mengatakan, motor tersebut nyaman saat digunakan touring.

“Kualitas MT-07 lainnya adalah motor ini unggul dalam pengendalian yang didukung dari posisi handle bar yang tinggi dan lebar untuk menambah kenyamanan berkendara,” ucap Anton dalam keterangan resmi.

Baca juga: Budayawan Gus Paox Iben Bakal Solo Riding Pakai Yamaha MT-09 ke Berlin


Jika diamati, motor ini dilengkapi dengan dual front disc brakes berdiameter besar 298 mm sehingga dapat memberikan tenaga pengereman progresif di semua kecepatan. MT-07 juga memiliki ban Michelin Road 5 yang memberikan pengendalian maksimal.

“Performa mumpuni MT-07 didukung mesin 689 cc 2 silinder, menggunakan teknologi crossplane, berpendingin cairan (standar Euro 5) sehingga suhu kerjanya lebih stabil,” ucap Anton.

Di atas kertas, MT-07 dapat menghasilkan torsi badak hingga 67 Nm pada 6.500 Rpm dan tenaga maksimalnya 73,4 Tk pada 8.750 Rpm.

Meski MT-07 dirakit di Indonesia, motor ini belum dijual di Tanah Air karena beberapa pertimbangan seperti harga dan pangsa pasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com