Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Budayawan Gus Paox Iben Bakal Solo Riding Pakai Yamaha MT-09 ke Berlin

Kompas.com - 21/05/2024, 08:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyediakan unit Yamaha MT-09 untuk mendukung perjalanan solo riding Achmad Ibnu Wibowo alias Gus Paox Iben dalam visi kebudayaan bertajuk “Nunggang Roso Riding From Borobudur to Berlin, Global Cultural Journey for Tolerance and Peace”.

Pelepasan biker solo riding dari Borobudur ke Berlin digelar bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, Senin (20/5/2024) di kompleks wisata Candi Borobudur dengan awal keberangkatan di titik 0 Km Yogyakarta.

Agenda tersebut diselenggarakan oleh Daulat Budaya Nusantara bekerjasama dengan Yamaha Motor sebagai penyedia motor yang dapat menunjang solo riding hingga sampai ke Berlin.

Baca juga: Ribuan Orang Sudah Mencoba Motor Listrik Yamaha E01

Yamaha MT-09 digunakan solo riding ke BerlinIST Yamaha MT-09 digunakan solo riding ke Berlin

Perjalanan Gus Paox Iben diperkirakan akan berlangsung selama 3 tahun melewati 18 negara mulai dari Indonesia menuju Singapura, Malaysia, Thailand, Myanmar, India, Nepal, Pakistan, Uzbekistan, Turkmenistan, Iran, Turki, Bulgaria, Yunani, Italia, Prancis, Belgia, Belanda, berujung di Tembok Berlin, Jerman.

“Perjalanan ini bukan soal mengukur jarak, tapi soal rasa, menikmati setiap jengkal perjalanan, bertemu dengan orang baru, tinggal di sana dengan segala ragam perbedaan dan bahasa mengharuskan kita berkomunikasi dengan rasa,” ucap Gus Paox kepada awak media, Senin (21/5/2024).

Gus Paox mengatakan pemilihan Borobudur sebagai keberangkatan dan Berlin sebagai tujuan bukan tanpa alasan melainkan ada filosofinya. Borobudur tentu saja menjadi ikon bangsa Indonesia dengan ragam budaya dan punya pedoman Bhineka Tunggal Ika.

Baca juga: Hitung Biaya Servis Yamaha Lexi LX 155 Selama 3 Tahun

Pelepasan solo riding Gus Paox ke BerlinKompas.com/Erwin Setiawan Pelepasan solo riding Gus Paox ke Berlin

“Sementara robohnya tembok Berlin yang memisahkan barat dan timur menjadi simbol hilangnya perseteruan, maka kami ingin menyampaikan kepada dunia bahwa Indonesia ada yang membawa misi toleransi, perdamaian, persaudaraan dan mengajak berpikir tentang masa depan kebudayaan bangsa,” ucap Gus Paox.

Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan kegiatan tersebut sepatutnya mendapat dukungan karena bermuatan positif.

“Kami mendukung misi memperkenalkan kebudayaan ke banyak negara tersebut, harapannya dapat turut mensukseskan tujuan positif anak bangsa yang telah mempercayakan penggunaan kendaraan dengan memilih Yamaha MT-09 sebagai partner berkendara," ucap Anton.

Baca juga: Harga Lebih Murah, Yamaha Fazzio Jadi Alternatif Skutik Eropa


Sebelum bertolak melewati rute menantang menuju Berlin, Gus Paox Iben akan melakukan touring domestik menggunakan Yamaha MT-09 di wilayah Indonesia terlebih dahulu selama sebulan mulai 20 Mei-20 Juni 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com