Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perpanjang Usia Baterai Motor Listrik, Matikan MCB

Kompas.com - 21/04/2024, 18:51 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selayaknya kendaraan pada umumnya, motor listrik harus senantiasa dirawat secara rutin agar kondisinya tetap baik dan bisa berfungsi dengan normal.

Supaya masa pakai motor listrik bisa panjang dan tanpa kendala, pengguna cukup berfokus pada satu komponen yakni baterai. Perawatan hariannya ternyata cukup mudah, hanya perlu pembiasaan saja.

Langkah perawatan dimaksud adalah dengan rutin mematikan saklar miniature circuit breaker (MCB) ketika motor listrik sedang tidak digunakan. Alat ini umumnya terletak di area bagasi, dekat dengan baterai.

Ferry Sigit, Mekanik Senior bengkel spesialis motor listrik TICS EV Garage menjelaskan, walau terkesan sepele, kebiasaan ini bisa memperpanjang usia baterai.

Baca juga: Benarkah Air Aki yang Basi Bikin Mobil Mogok Setelah Ditinggal Mudik?

MCB alias pemutus arus listrik di bagian bagasi motor listrik. Matikan jika sedang tidak digunakan atau akan ditinggal lamaKompas.com/Daafa Alhaqqy MCB alias pemutus arus listrik di bagian bagasi motor listrik. Matikan jika sedang tidak digunakan atau akan ditinggal lama

“Fungsinya matikan MCB itu buat memutus arus listrik, jadi tidak menyebar lagi. Jadi daya listrik bakal tetap tersimpan di baterai dan tidak akan mengalir ke komponen lainnya,” ucapnya kepada Kompas.com, Sabtu (20/4/2024).

Dia mengatakan, karena arus listrik tidak menyebar, daya baterai tidak akan menurun. Hal ini berdampak pula pada life cycle atau estimasi usia pemakaian baterai.

Selain itu, mematikan MCB juga diyakini mampu mencegah terjadinya electrical build up, yang berakibat pada penumpukan tegangan arus listrik.

“Ibaratnya seperti alat-alat elektronik lainnya. Kalau sedang tidak dipakai sebaiknya dimatikan dan jangan disambung ke sumber listrik. Konsep ini sebetulnya berlaku juga buat motor listrik,” kata Ferry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com