Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Mitsubishi Fuso, Jadi Campertruck

Kompas.com - 11/04/2024, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan berkendara jarak jauh menggunakan campervan cukup populer selama beberapa tahun belakangan ini. Namun, siapa sangka jika ada yang membuat campervan dari basis truk Mitsubishi Fuso.

Bertualang menggunakan campervan banyak dilakukan tidak hanya di Indonesia, tapi juga di negara lainnya. Tapi, pada umumnya, menggunakan basis mobil untuk dijadikan campervan, bukan truk.

Dikutip dari Motor1.com, Kamis (11/4/2024), Mitsubishi Fuso FG140 tahun 2007 berhasil dijadikan campertruck oleh Heather dan Dana. Truk ini dibekali dengan mesin turbodiesel 4.9 L, 4-silinder segaris, dan berpenggerak 4WD.

Baca juga: Nissan Serena Bergaya Camper, Hasil Karya Mahasiswa Jepang

Pasangan tersebut memodifikasi truknya dengan menambahkan bumper aftermarket, yang dilengkapi dengan derek dan lampu kabut. Suspensinya juga diganti menjadi lebih tinggi.

Untuk modifikasi kabin, sebenarnya cukup minimalis. Pasangan tersebut hanya menambahkan kursi dengan pemanas dan head unit dengan konektivitas Apple CarPlay. Sisanya, masih dibiarkan dalam kondisi standar.

Menariknya adalah bagian belakangnya, di mana pasangan ini menyematkan pegas untuk menjaga interiornya tidak bergetar berlebihan ketika menemui permukaan jalan yang rusak. Bagian belakangnya memiliki ukuran yang cukup besar, yakni 4,5 x 2,4 meter.

Baca juga: Bikin Suzuki XL7 Jadi Camper Van, Siapkan Dana Rp 155 Juta

Bagian belakang tersebut diisi tempar tidur berukuran queen, dapur kecil dengan kompor induksi, wastafel, lemari es, dan microwave, serta kamar mandi dengan pancuran dan toilet pengomposan.

Modifikasi Mitsubishi Fuso menjadi campertruckDok. HD.Adventuring Modifikasi Mitsubishi Fuso menjadi campertruck

Kemudian, terdapat ruang makan dengan meja yang dapat disimpan berubah menjadi kamar tidur tamu saat pasangan ini kedatangan tamu. AC bergaya rumah tradisional, internet Starlink, dan pemanas air.

Panel surya di atap menyediakan daya 1.200 watt yang mengisi baterai 600 Ah untuk menjaga agar truk tetap bertenaga dan dingin. Modifikasi ini bisa menjadi referensi bagi para petualang yang ingin mencoba bertualang menggunakan campertruck.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com