Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Keliling Indonesia Pakai Campervan, Sering Dipalak Preman

Kompas.com - 05/01/2024, 13:03 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keliling Indonesia pakai campervan bisa jadi impian sebagian orang. Kebebasan buat tidur di mana saja memberikan pengalaman yang berharga, beda rasanya dengan tidur di hotel saja.

John, pemilik akun Youtube Jajago Keliling Indonesia, membagikan berbagai pengalamannya saat keliling Indonesia pakai campervan. Mobil yang digunakan saat itu adalah Daihatsu Gran Max yang dia sebut Bambang, diubah jadi campervan.

Tentu paling enak adalah saat pakai campervan bisa tidur di mana saja. Misal di Pantai Kuta, saat setelah sunset tak perlu repot kembali ke hotel, tapi tinggal tidur saja di mobil, di tempat parkir yang aman dan besoknya sudah bangun di tepi pantai.

Baca juga: Ubah Wuling Formo Max Jadi Campervan, Siap Bertualang di Sulawesi


Namun, ada juga pengalaman kurang menyenangkan dan yang paling sering terjadi adalah dipalak. Biasanya ketika John masuk ke kampung yang baru, ada saja orang yang mengadangnya buat meminta uang.

"Paling dipalak, menurut saya wajar, bukan jadi hal yang aneh. Saya kira ini uang yang harus saya bayar," kata John kepada Kompas.com belum lama ini.

Biasanya di perkampungan, ada saja orang yang memalang jalan pakai kayu, sengaja biar orang bayar dulu baru bisa melintas. Cuma, kata dia, itulah uniknya Indonesia, malah pemalakan tadi jadi konten yang menarik buat diunggah.

Baca juga: Hujan Deras dan Angin Kencang, Pengemudi Wajib Esktra Waspada

John dan Riana Jajago Indonesia, keliling Indonesia pakai campervanJAJAGO KELILING INDONESIA John dan Riana Jajago Indonesia, keliling Indonesia pakai campervan

"Kalau lagi sial, seperti ke kampung orang terus ada orang mabuk, adang jalan pakai motor, dia bawa parang dan suruh kami turun. Untung saja ada orang kampung yang bantu," kata John.

John bilang, setiap ke kampung, dia selalu menyapa dengan membuka jendela mobilnya. Jadi orang mengenal siapa yang lagi mengunjungi tempat tinggalnya, bahkan sering dibantu.

"Kalau mistis, pernah satu kali pas kami parkir di bawah pohon besar, mimpi kuntilanak. Besok paginya pindah, sangat nyata, untungnya mimpi," kata John.

Itu dia pengalaman John beserta istrinya, Riana, saat berkeliling Indonesia. Saat ini mereka sedang ada di Sulawesi Selatan, kembali berkeliling cuma pakai mobil yang berbeda, Wuling Formo Max yang diberi nama Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com