Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Subsidi Rp 7 Juta, Honda Tak Punya Target Jualan EM1 e

Kompas.com - 27/03/2024, 17:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuota subsidi sepeda motor listrik tahun 2024 jadi 50.000 unit saja. Honda EM1 e: menjadi salah satu model yang menerima subsidi tersebut. Harganya sekarang jadi Rp 33 jutaan.

Octavianus Dwi, Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, perusahaan mencoba ikuti permintaan konsumen saja tanpa target, sebanyak mungkin sebisanya.

"Kita ikuti permintaan konsumen saja, ya. Sebanyak mungkin kalau bisa," ucap pria yang akrab disapa Octa itu di Jakarta, Selasa (26/3/2024).

Baca juga: Pekan Depan, Polisi Turunkan 155.165 Personel untuk Amankan Mudik Lebaran

Test ride Honda EM1 e:KOMPAS.com/ADITYO WISNU PRABOWO Test ride Honda EM1 e:

Soal subsidi yang diperpanjang, Honda menyambut dengan baik. Potongan Rp 7 juta tadi juga membantu konsumen, membuat harga juga tidak terlalu tinggi.

"Kalau begitu kita mau juga (diperpanjang), konsumen juga mau. Tapi tergantung pemerintah seperti apa kebijakannya, nanti kami ikuti," kata Octa.

Soal karakter pembeli motornya, Octa bilang kebanyakan masih menjadi motor kedua. Pembeli yang menjadikannya motor pertama ada, tetapi tidak banyak.

Baca juga: Potret Honda EM1 e: jadi Motor Pit LCR Honda, Kelir Hijau dan Merah


"Saat ini pembeli motor listrik itu kan biasanya jadi motor tambahan. kemudian bukan sebagai kebutuhan sehari-hari karena dia punya beberapa opsi motornya," kata Octa.

Tren seperti ini memang terjadi pada early adopter teknologi kendaraan listrik. Tidak semua konsumen berani mengambil langkah untuk langsung membeli kendaraan yang bisa dibilang masih asing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com