Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Cimanggis-Cibitung Dibuka Fungsional buat Mudik Lebaran

Kompas.com - 26/03/2024, 14:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan bahwa Ruas Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 19 Km siap beroperasi fungsional saat Mudik Lebaran 2024.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, mengatakan, Jalan Tol Cimanggis Cibitung merupakan bagian dari struktur jaringan Jakarta Outer Ring Road (JORR 2).

Jalan tol ini bakal terkoneksi dengan ruas tol di kawasan Metropolitan Jabodetabek yang menjadi pusat kegiatan nasional.

Baca juga: Mobil Bekas Merek China Kurang Diminati di Bursa Jual Beli

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung resmi dibuka 10 November 2020.Jasa Marga Jalan Tol Cimanggis-Cibitung resmi dibuka 10 November 2020.

“Tol Cimanggis-Cibitung kita fungsikan dengan harapan masyarakat dari arah Pamulang, Depok, Tangerang bisa masuk ke JORR-2 dan langsung ke Cikampek, sehingga mengurangi penumpukan di dalam kota,” ujar Endra, dalam keterangan resmi (26/3/2024).

Sebelumnya, Kementerian PUPR mengatakan, ruas Tol Cimanggis-Cibitung bakal diresmikan dalam waktu dekat.

Jaringan Tol JORR 2 terdiri atas Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran (14,2 km), Jalan Tol Kunciran - Serpong (11,4 km), Jalan Tol Serpong - Cinere (10,1 km).

Baca juga: Suzuki Grand Vitara 7-Penumpang, Pakai Nama Escudo?

Kemudian dilanjutkan Jalan Tol Cinere - Jagorawi (14,6 km), Jalan Tol Cimanggis - Cibitung (26,47 km) dan Jalan Tol Cibitung - Cilincing (34 km).

Artinya, jika Ruas Tol Cimanggis-Cibitung telah diresmikan maka jaringan Jalan Tol JORR 2 terkoneksi sepenuhnya.

Sebagai informasi, jaringan Jalan Tol JORR 2 ini menjadi salah satu solusi mengurangi kepadatan lalu lintas dari ruas Tol Cikampek yang menuju Jakarta atau mengarah ke Bogor tanpa harus melalui Jakarta.

Jaringan tol ini turut melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek, yang telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan Jakarta Outer Ring Road (JORR) I yang sudah operasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com